by

Rabu Dinihari ada Gerhana Bulan, Masyarakat Diimbau Perbanyak Zikir dan Istighfar

Gerhana bulan diperkirakan terjadi pada Rabu (17/7/2019 dinihari.

DepokRayanews.com- Gerhana bulan atau khusuful qamar diprediksi akan kembali terjadi pada Rabu (17/7/2019) dini hari. Umat Islam diajak untuk melaksanakan Salat Gerhana atau Salat Khusuf.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Islam Muhammadiyah Amin, menjelaskan bahwa kawasan Indonesia barat dan tengah dapat mengamati gerhana bulan ini. Awal gerhana diperkirakan mulai pukul 03:01 WIB hingga 05:59 WIB. “Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 04:30 WIB,” kata Muhammadiyah Amin di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Muhammadiyah Amin telah menerbitkan seruan kepada para Kepala Kantor Wilayah Kemenag seluruh Indonesia untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan Parsial di wilayahnya masing-masing.

“Pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing,” katanya. Amin mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan keselamatan dan kemajuan bangsa. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *