by

Raja Arab Saudi ke Indonesia Bertemu Jokowi, Bukan Rizieq Shihab

Raja Salman
Raja Arab Saudi, Raja Salman berkunjung ke Indonesia bertemu Presiden Jokowi, bukan Rizieq Shihab.

Depokrayanews.com- Kedutaan Arab Saudi di Jakarta akhirnya memberi konfirmasi soal agenda kunjungan Raja mereka Salman Bin Abdulaziz ke Indonesia pada Maret mendatang. Raja Salman berkunjung ke Indonesia atas undangan Presiden Joko Widodo, bukan untuk bertemu Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sepertiyang ramai diberitakan sebelumnya.

“Kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara serta dalam rangka membahas berbagai bidang kerjasama demi kepentingan kedua bangsa yang bersahabat,” sebut keterangan pers kedutaan Arab Saudi.

“Berkaitan dengan apa yang tersebar di situs jejaring sosial selain pernyataan di atas adalah informasi tidak benar,” sambung keterangan pers tersebut.

Selain itu, Kedutaan Saudi pun menyatakan, lawatan tersebut bentuknya sebagai balasan dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi pada 2015 lalu.

Sebelumnya, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel telah melakukan pertemuan dengan Kepala Protokol Kerajaan, Dr. Khaled bin Saleh al-Abbad. Pertemuan yang dilakukan secara maraton ini dilakukan demi memastikan kunjungan Raja Salman ke Tanah Air.

“Pada pertemuan kami dengan Kepala Protokol Kerajaan, Dr. Khaled bin Saleh al-Abbad telah disampaikan secara langsung konfirmasi dan kepastian kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada awal Maret 2017 lengkap dengan susunan agendanya,” sebut Agus melalui keterangan tertulis yang disampaikan KBRI Riyadh.

Agus menuturkan, mewujudkan kunjungan bersejarah Raja Salman ke Indonesia menemui banyak tantangan. Rencana tersebut bahkan sudah mereka upayakan sejak 14 Maret 2016.

Namun, Agus menyebut titik terang terwujudnya kunjungan Raja Salman terjadi kala dia menyerahkan surat kepercayaan kepada Orang Nomor Satu di Arab Saudi tersebut.

“Ketika menyerahkan Credential Letter 22 Juni 2016, saya diberikan waktu lima menit untuk menyampaikan beberapa paragraf pesan kepada Raja. Dan saya sampaikan pertama; salam dari Bapak Presiden RI Joko Widodo, kedua; Bangsa kami Indonesia sangat merindukan Kunjungan Yang Mulia Khadimul Haramain ke Negara Kedua Paduka, Indonesia,” sebut Agus.

“47 tahun, kami menanti kunjungan Yang Mulia. Beliau menjawab: Insya Allah dalam waktu yang tepat saya sangat senang untuk berkunjung ke negaramu yang masih bersaudara,” tambah dia. (msn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *