by

Random Rapid Test Antigen di 70 Rest Area

Depokrayanews.com- Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan mengelar Operasi Lilin 2020 mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, dengan tujuan tidak sekedar pengamanan libur Natal, dan Tahun Baru, tapi lebih difokuskan pada ketertiban protokol kesehatan.

Salah satunya adalah melakukan rapid test antigen secara acak atau random bagi pengendara mobil pribadi yang akan pergi atau keluar daerah. Random cek rapid test antigen itu akan berpusat di ruas jalan tol yang menjadi akses utama untuk ke luar kota.

”Saat menggelar Operasi Lilin Tahun 2020, korlantas mendapat tugas baru, yakni bertanggung jawab atas kontrol pengawasan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di rest area,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dikutip Sabtu 19 Desember 2020 dari NTMC Polri.

Dikatakan, mulai dari Banten hingga Cikampek, ada sekitar 70 titik rest area. Nantinya akan gelar random cek khusus menggunakan swab antigen bagi pengunjung yang melanggar protokol kesehatan.

Istiono mengatakan, pada Operasi Lilin Tahun 2020, Polri akan menyiagakan 123.451 personel di seluruh Indonesia. Target utamanya adalah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta terjadinya kerumunan massa.

“Mewujudkan Kamtibmas yang mantap dan kondusif dalam pelaksanaan ibadah Natal serta Tahun Baru, dan terciptanya Kamseltibcarlantas demi menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan,” ucap Istiono.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, sudah menetapkan selain penumpang transportasi umum, pihaknya akan mengerahkan petugas untuk melakukan random rapid test antigen bagi pengendara mobil pribadi.

Lokasi dan teksnisnya sampai saat ini masih didiskusikan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), namun Riza memastikan bila hal tersebut berlaku bagi pengguna mobil pribadi yang ingin masuk atau keluar dari Jakarta. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *