by

Rapor Merah BEM UI untuk 6 Menteri Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin

Depokrayanews.com- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) memberi rapor merah terhadap sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Lewat cuitan di akun @BEMUI_Official, mereka menilai selama dua tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf masih terdapat permasalahan di pelbagai sektor yang gagal diselesaikan. Yakni pemberantasan korupsi, kebebasan berekspresi dan berpendapat, perlindungan lingkungan hidup, HAM, pendidikan, dan penanganan pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan BEM UI tepat di momen dua tahun Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Menanggapi permasalahan di berbagai sektor tersebut, aliansi BEM se-UI menyatakan sikapnya, yaitu mendesak Jokowi-Ma’ruf untuk melakukan evaluasi besar-besaran dan mengambil tindakan tegas terhadap aktor-aktor yang bertanggung jawab atas permasalahan pada sektor-sektor tersebut,” demikian cuit @BEMUI_Official, Rabu 20 Oktober 2021.

Setidaknya ada enam menteri dan kepala lembaga negara yang mendapat rapor merah dan layak dicopot menurut BEM UI. Mereka di antaranya Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

BEM UI juga mendesak agar Presiden Jokowi membatalkan seluruh upaya pelemahan pemberantasan korupsi dengan menerbitkan Perppu KPK serta membatalkan implikasi dari revisi UU KPK seperti hasil Tes Wawasan Kebangsaan dan penghentian SP3 kasus BLBI.

“Mencopot Ketua KPK Firli Bahuri dan seluruh jajaran pimpinan KPK periode 2019-2023 dari jabatannya atas kemunduran pemberantasan korupsi di Indonesia,” demikian keterangan tertulis BEM UI.

Kemudian, mereka juga mendesak Jokowi mencopot Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Mereka menilai keduanya gagal memberikan jaminan dan perlindungan hukum atas hak kebebasan berekspresi dan berpendapat serta dalam menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu.

Kemudian mereka turut mendesak agar Jokowi mencopot Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, atas dasar degradasi lingkungan dan realitas perlindungan lingkungan hidup yang melemah. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed