by

Ratna Memperkenalkan Batik Depok sampai ke Georgia dan Ukraina

Ratna Septiana Wulandari (2 dari kiri) dengan Batik Gong Sibolongnya foto bersama pengurus Kadin Kota Depok
Ratna Septiana Wulandari (2 dari kiri) dengan Batik Gong Sibolongnya foto bersama pengurus Kadin Kota Depok.

Depokrayanews.com- Ratna Septiana Wulandari pemilik Ratna Batik & Craft, berhasil memperkenalkan Batik Depok di pasar internasional, terutama ke Belanda, Georgia dan Ukraina.

Warga Kecamatan Tapos itu memperkenalkan motif Batik khas Depok yaitu Gong Sibolong dan Topeng Cisalak.

“Alhamdulillah produk kami sudah dikirim ke Belanda sebagai souvenir oleh Atase Perdagangan Denhag, kemudian pada April 2016 mengikuti pameran Galeri Wow Indonesia di Georgia dan Ukraina,” kata Ratna di Depok, Jumat (5/5/2017).

Dalam memproduksi batik, Ratna lebih senang mengangkat corak yang punya cerita, seperti Gong Sibolong. Gong itu, kata Ratna meskipun bolong, tapi tetap bisa berbunyi.

Batik Gong Sibolong karya Ratna Septiana Wulandari.
Batik Gong Sibolong karya Ratna Septiana Wulandari.

“Saya senang dengan batik yang bercerita. Selain jadi corak batik, tapi bisa menjadi destinasi pariwisata Depok,” kata Sekretaris Komunitas Batik Depok (Kombad) itu.

Dengan mengangkat Gong Sibolong, dan Topeng Cisalak, turis lokal dan asing bisa mengetahui ada Gong Sibolong dan Topeng Cisalak di Depok.

Ratna memproduksi batik tulis untuk fashion dan peralatan dekorasi rumah serta craft daur ulang dari pohon pisang sebagai kemasannya.

Saat ini produk Ratna sudah terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Pemerintah Kota Depok.

Ratna berharap, agar dirinya dan para pecinta budaya lain bisa selalu didukung dan dibina dalam mengembangkan usaha dan kreativitas oleh Pemerintah Kota Depok. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *