by

Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjaman Online

DEPOKRAYANEWS.COM- Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) terjerat pinjaman online (pinjol) hingga didatangi penagih utang ke rumahnya. Besaran utang mereka berkisar antara Rp 3 juta hingga 13 juta yang awalnya digunakan untuk penjualan online.

Para mahasiswa diduga terpengaruh oleh kakak tingkatnya untuk masuk ke grup WhatsApp usaha penjualan online. Mereka diminta investasi ke usaha tersebut dengan keuntungan 10 persen per bulan dan meminjam modal dari pinjaman online.

Namun dalam perjalanannya, keuntungan tidak sesuai dengan cicilan yang harus dibayarkan kepada pinjaman online hingga para mahasiswa mulai resah saat ditagih debt collector dan sebagiannya kini berinisiatif melapor ke Polresta Bogor Kota

Kasus itu kemudian menjadi perhatian pihak IPB. Bahkan kini, pihak IPB tengah mengumpulkan data dan melakukan pemeriksaan ulang terkait sebab dan apa yang terjadi hingga ratusan mahasiwanya terjerat pinjaman online (pinjol) untuk usaha penjualan online.

Kepala Biro Komunikasi IPB University Yatri Indah Kusumastuti, menyebutkan ada lebih dari 100 mahasiwa yang terlibat pinjol.

Oleh karena itu, penelusuran dan pemeriksaan ulang itu dilakukan melalui perwakilan dekanat di masing-masing fakultas. “Dan saat ini kami melalui para wakil dekan di setiap fakultas sedang crosscheck satu-satu. Masing-masing yang datanya sudah lengkap, sudah dapat, kita dapat kontaknya itu akan kami telusuri,” kata Yatri kepada wartawan, Senin 14 November 2022.

Yatri mengimbau kepada seluruh mahasiswa yang merasa menjadi korban kejadian ini untuk melaporkan diri melalui pusat aduan atau help center. Mahasiswa korban juga dapat menghubungi direktorat kemahasiswaan melalui asisten direktur pengembangan karakter, secara langsung.

Menurutnya. pihak kampus akan menbantu bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. “Maka IPB tentu saja akan membantu menyelesaikan masalah ini. Jadi nanti di situ ada tim yang akan membantu mahasiswa untuk menyelesaikan persoalan ini,” ujarnya.

Pihak IPB, katanya akan melibatkan tim bantuan hukum untuk penyelesaian masalah pinjol yang melibatkan para mahasiswa itu. (ris/ant)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed