by

Resiko Mengerikan Dibalik Kelezatan Mie Instan

Depokrayanews.com- Mie instan adalah makanan sejuta umat. Makanan yang berasal dari Tiongkok ini sangat terkenal di seluruh dunia dan banyak sekali penggemarnya.

Makanan yang murah dikantong ini, bisa meredam rasa lapar secara praktis, dan bisa dibawa kemanapun pergi.

Kini mengonsumsi mie instan sudah seperti gaya hidup. Kepraktisannya sangat membantu kita yang tidak memiliki waktu banyak untuk membuat makanan.

Namun di balik kelezatannya, terlalu sering mengonsumsi mie instan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Mie instan kemasan mengandung sedikit nutrisi tetapi soidum di dalamnya tergolong tinggi.

Mie instan kemasan terbuat dari tepung, garam dan minyak yang memiliki penyedap rasa atau bumbu seperti monosodium glutamat (MSG). Pada dasarnya, terlalu sering mengonsumsi MSG tidak baik untuk kesehatan.

Mi instan memang bisa meredam rasa lapar secara praktis, tapi makanan cepat saji ini tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Agar kita tidak mudah tergoda bujuk rayu kenikmatan mie instan, berikut bahaya mie instan bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus :

1.Bisa Menyebabkan Kanker dan Asma

Mie instan bisa menyebabkan kanker karena makanan ini butuh proses mencerna yang cukup lama. Mie instan juga terdapat bahan kimia seperti TBH dan BHA yang bersifat karsinogenik.

Kandungan tersebut dapat menyebabkan kanker dan bahkan dapat menyebabkan asma hingga diare.

2.Berisiko Penyakit Jantung dan Darah Tinggi

Kandungan garam dala mie instan juga sangat tinggi. Riset 2014 dalam American Journal of Hypertension membuktikan konsumsi garam yang tinggi menjadi faktor utama kematian di dunia.

Pasalnya, konsumsi garam atau natrium berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Dua penyakit tersebut tergolong “silent killer” yang berbahaya.

3.Dapat menyebabkan Keguguran.

Bahaya makan mie terlalu sering pada sejumlah wanita hamil berisiko mengalami keguguran, hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet pada mie instan dapat memengaruhi perkembangan janin.

4.Beresiko Diabetes

Mie instan sangat tidak dianjurkan bagi pasien diabetes karena bisa menganggu kadar gula darah dan pelepasan insulin. Makanan ini akan mengakibatkan pencernaan bekerja lambat. Mie instan juga mengandung bahan kimia beracun dan bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan.

5.Dapat menyebabkan Obesitas

Mie instan adalah salah satu penyebab utama obesitas, kurangi bahkan perlahan menghindari makan mie instan karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium, karena dampak makan mie instan menyebabkan retensi air dalam tubuh.

Sumber:bagikanberita

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed