by

Resmi Calonkan Diri Jadi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir: Jangan Ada Tangan Kotor di Sepak Bola Indonesia

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri BUMN Erick Thohir secara resmi mendaftar sebagai calon Ketua Umum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang akan digelas pada 16 Februari 2023 mendatang.

Erick tiba di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, pada Minggu 15 Januari 2023 pukul 10.45 WIB untuk menyerahan berkas pencalonan. Dia didampingi oleh Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep, Chairman Rans Nusantara FC Raffi Ahmad dan perwakilan Persib Bandung Teddy Tjahjono.

Usai menyerahkan berkas, Erick ditanya wartawan soal kesiapannya sebagai Ketua Umum PSSI bila terpilih. Secata tegas E rick mengatakan akan melakukan reformasi di PSSI.

Menurut Erick, tangan-tangan kotor di sepak bola harus dihilangkan demi perbaikan sepak bola Indonesia. “Gas terus jadi bongkar-bongkar untuk perbaikan masa depan sepak bola Indonesia,” ujar Erick.

“Kita harus pastikan ke depan jangan ada tangan-tangan kotor di sepak bola Indonesia, karena kita harus perbaiki ini,” tambah Erick.

Dia juga mengatakan pentingnya nyali besar saat berkecimpung di sepak bola tanah air. Aspek ini dinilai mantan presiden Inter Milan itu krusial dalam upaya membawa sepak bola Indonesia ke level yang lebih baik di masa depan.

“Sudah banyak teori dalam perbaikan sepak bola Indonesia. Betul nggak? Banyak teori banyak konsep. Sebenarnya yang perlu dilakukan adalah kita bernyali untuk sepak bola yang bersih dan berprestasi. Itu yang terpenting,” kata dia.

Erick merupakan orang kedua yang telah resmi maju sebagai calon ketua umum PSSI mendatang. Sebelumnya Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti telah lebih dulu mendaftarkan diri pada Jumat 13 Januari 2023.

Erick pernah menjadi ketua umum PP Perbasi pada 2006-2010. Ia juga sempat menjabat sebagai ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 2015-2019. Dalam kepemimpinannya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Dalam bisnis olahraga, Erick pernah memiliki saham di klub NBA yakni Philadelphia 76ers. Ia juga memiliki saham di klub MLS, DC United.

Erick melebarkan sayap ke sepak bola ketika membeli saham klub raksasa asal Italia, Inter Milan pada 2013 lalu. Namun dua saham di klub ternama itu dijual oleh Erick, yaitu Inter Milan pada 2016 dan DC United pada tahun 2018.

Kini Erick masih memiliki mayoritas saham klub Liga Inggris, Oxford United bersama Anindya Bakrie. Di Liga Indonesia, Erick juga mempunyai saham Persis Solo dengan menggandeng putra Jokowi, Kaesang Pangarep. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *