by

Reuni 212 Digelar di Masjid At-Tin, Anies Baswedan Tidak Diundang

DEPOKRAYANEWS.COM- Reuni 212 akan digelar Jumat 2 Desember 2022 besok. Tapi kali ini lokasinya di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, bukan di sekitar Monumen Nasional (Monas). Pihak panitia memastikan tidak akan mengundang Anies Baswedan.

“[Anies] enggak kita undang,” kata Penanggung Jawab Pelaksana yang juga Ketua GNPF Ulama Yusuf Martak saat menggelar konferensi pers di Masjid At-Tin Jakarta Timur, Rabu 30 November 2022.

Yusuf mengatakan agenda Reuni 212 tahun ini tak mengundang pihak atau tokoh yang berkaitan dengan politik praktis. Yang diundang hanya tokoh-tokoh agama. Tapi Yusuf tak merinci siapa saja tokoh-tokoh agama yang diundang.

Menurut Yusuf, pihaknya mengundang tokoh-tokoh agama bukan untuk mempertontonkan kekuatan dalam acara. Tapi semata untuk menghormati para tokoh agama tersebut.

Di tempat yang sama, pengacara Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan kliennya masih diusahakan untuk hadir di acara Reuni 212 tahun ini.

“Untuk kehadiran imam besar [Rizieq Shihab] kita masih pertimbangkan betul-betul dan masih kita usahakan semaksimal mungkin,” kata Aziz.

Aziz mengatakan bakal berdiskusi dengan tim dan Rizieq karena dia meyakini Reuni 212 di At-Tin bakal membeludak dihadiri oleh masyarakat.

“Sehingga membutuhkan pertimbangan matang dari kita, terkait dengan kondisi yang dihadapi oleh HRS hari ini soal permasalahan hukum dan hal-hal teknis lainnya,” ucapnya.

Sebagai informasi, Reuni Aksi 212 tahun ini tak digelar sekitar Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai gantinya, aksi ini digelar di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur dengan tajuk ‘Munajat Akbar dan Indonesia Berselawat’.

Reuni 212 merupakan lanjutan dari demonstrasi bertajuk Aksi 212 awalnya digelar pada 2 Desember 2016 silam di lapangan Monas.

Saat itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok didemo terkait dengan pernyataannya soal Alquran surat Al-Maidah Ayat 51. Aksi ini dimotori oleh GNPF MUI bersama FPI dan ormas Islam lainnya. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *