by

Reuters Beritakan Presiden Jokowi Tegur Panglima TNI

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

Depokrayanews.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan menegur Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam satu pertemuan pekan lalu.

Sikap itu diambil menyusul langkah Panglima Jenderal Gatot Nurmantyo yang secara sepihak menghentikan hubungan kerja sama keamanan dengan Australia.

Hal itu disampaikan dua sumber yang ikut dalam pertemuan itu seperti dikutip Reuters dalam tulisannya berjudul Indonesia’s president moves to rein in ‘out of control’ military chief pada Senin (9/1/2017)

Seorang pejabat senior mengatakan, Jokowi yang berasal dari luar militer langsung bergerak cepat untuk menunjukkan otoritas tertingginya sebagai panglima tertinggi. “Dengan Gatot, rasanya seperti ia sedikit di luar kontrol,” ujarnya.

Sejumlah analis dan pembantu dekat Jokowi juga mengkhawatirkan gerakan Gatot Nurmantyo yang dianggap sedang meletakkan basis guna memperluas peran militer dalam urusan sipil. Gatot juga dinilai memiliki ambisi politik.

Salah seorang pejabat mengatakan kepada Reuters, Jokowi dan sejumlah anggota pemerintahan lain tak menyangka-nyangka ketika media lokal menyebut Gatot memutuskan menangguhkan hubungan militer dengan Australia. (rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *