by

Ribuan Paspor Milik Jamaah First Travel Disita Polisi

Inilah salah satu kontar First Travel yang kini di bawah pengawasan polisi.
Inilah salah satu kontar First Travel yang kini di bawah pengawasan polisi.

Depokrayanews.com- Polisi menemukan ribuan paspor milik calon jamaah ketika melakukan penggeledahan di sejumlah kantor milik First Travel (FT).

“Ada sekian ribu paspor yang sedang diamankan,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Senin (14/8/2017).

Menurut Setyo, paspor-paspor itu untuk sementara diamankan polisi untuk kepentingan penyidikan. Namun polisi berjanji akan segera mengembalikan paspor kepada pemiliknya jika penyidikan terhadap First Travel usai dilakukan.

“Saya mohon waktu karena masih diklarifikasi, dicek Bareskrim, setelah itu mungkin bisa dikembalikan,” kata Setyo.

Penyidik juga tengah mendalami dugaan adanya tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan oleh FT. Karena tidak mungkin kata dia, perusahaan seperti FT hanya memiliki saldo Rp 1,3 juta.

“Kemarin yang jadi masalah ketika dicek info terakhir saldo Rp 1,3 juta, menurut pelapor nggak mungkin (sisa Rp 1,3 juta), oleh sebab itu Bareskrim sedang melakukan tresing pada perusahaan, apa betul sisa saldo hanya tinggal Rp 1,3 juta,” kata dia.

Mabes Polri telah mengamankan pemilik FT, Andika Surachman dan Anniesa Devitasari. Keduanya telah ditahan di Bareskrim Polri atas dugana penipuan dan penggelapan uang milik jamaah umrah. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *