by

Ribuan Petugas Pemutakhiran Data Pilkada Depok Jalani Rapid Test

Petugas pelaksana Pilkada Depok menjalani rapid test.

Depokrayanews.com- Sebanyak 4.015 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok melakukan rapd test di 11 kantor kecamatan selama dua hari hingga Jumat 10 Juli 2020.

Ketua KPU Depok, Nana Shobarna mengatakan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Surat Dinas KPU RI Nomor 488/ PP.08.1-SD/02/KPU/VI/2020 tentang pemenuhan Alat Pelindung Diri (APD) kegiatan tahapan Verivikasi Faktual dan Kegiatan Coklit Pemilihan Serentak 2020.

” Sesuai dengan surat tersebut, kami melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk dapat memfasilitasi. Alhamdulillah semua dapat berjalan dengan baik sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” Nana kepada wartawan di Depok, Kamis 9 Juli 2020.

Kegiatan rapid test ini, merupakan salah satu bentuk kesiapan KPUD Kota Depok dalam menyelenggarakan tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih (Mutarlih) penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok 2020.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok telah melaksanakan rapid test terhadap seluruh komisioner, pegawai Sekretariat KPU Kota Depok, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Depok. Total sebanyak 296 orang.

Dalam penyelenggarakan pilkada dalam kondisi pandemi Covid-19 ini harus dapat dilaksanakan dengan memenuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi, sebelum petugas PPDP turun door to door di wilayahnya yang nanti akan dilaksanakan dari tanggal 15 Juli hingaa 13 Agustus 2020, maka perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa yang bersangkutan dalam keadaan yang aman dari covid-19,” kata Nana.

Prinsip dasar pelaksanaan pilkada dalam kondisi pandemi covid-19 adalah memastikan terjaminnya keselamatan dan kesehatan baik bagi penyelenggara, peserta maupun pemilih tanpa mengabaikan kualitas demokrasi yang memang sudah menjadi ketentuan. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *