by

Ridwan Kamil Hadiri Acara Soft Opening Masjid Syekh Ajlin di Gaza Palestina

DEPOKRAYANEWS.COM- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) menghadiri acara soft opening Masjid Syekh Ajlin di Gaza, Palestina, secara daring pada Kamis 17 November 2022 kemarin. Di awal sambutannya, RK mengutip surah al-Hujurat ayat 10 yang memiliki arti, “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara.”

RK mengatakan, umat Islam bersaudara walaupun keberadaan mereka saling berjauhan dan terpencar di berbagai penjuru dunia. Berbeda negeri, suku, dan bangsanya. RK menyampaikan rasa syukurnya, atas izin dan pertolongan Allah SWT, pembangunan Masjid Syekh Ajlin yang merupakan hasil urunan bersama masyarakat Indonesia pada akhirnya segera terselesaikan.

Meskipun, prosesnya menghadapi berbagai rintangan dan hambatan. “Saya sangat bersyukur sekaligus merasa sangat terhormat diberi kesempatan secara langsung merancang masjid ini,” ujar RK.

Dalam kesempatan itu, dia juga turut mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama menyumbangkan sebagian hartanya untuk pembangunan Masjid Syekh Ajlin. Biaya kebutuhan pembangunan masjid ini mencapai Rp 20 miliar.

Sementara dana yang sudah terkumpul sebesar Rp 19,7 miliar, berasal dari sekitar 70 ribu donatur dari individu dan lembaga di Indonesia dengan nilai sumbangan terkecil mulai dari Rp 1.000 dan terbesar Rp 3,4 miliar lebih yang terhimpun melalui platform Kitabisa dengan akun Ridwan Kamil.

RK mengatakan, kini Masjid Syekh Ajlin telah berdiri kokoh dan megah serta dapat digunakan untuk aktivitas ibadah masyarakat Gaza, meskipun masih ada beberapa bagian yang harus disempurnakan. “Insya Allah, saya akan terus mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama, bergotong royong menyempurnakan masjid ini,” ujar RK.

Ia juga menyampaikan terima kasih untuk para donatur yang telah menginfakkan sebagian hartanya untuk pembangunan Masjid Syekh Ajlin. ‘’Khususnya untuk Yayasan Amman Palestin, semoga Allah selalu memberkahi dan meridhai semuanya,’’ ujar RK.

Sementara di Gaza, Kepala Komite Rekonstruksi Masjid, Mustafa al-Sawaf menyampaikan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dalam pembangunan kembali Masjid Syekh Ajlin. Sebelumnya, masjid ini telah dihancurkan zionis Israel melalui serangan udara.

“Pesan pertama saya kepada orang yang bertanggung jawab mengumpulkan dana untuk membangun kembali Masjid Syekh Ajlin, yaitu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saya ingin mengucapkan terima kasih, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia, dan Amman Palestin,” kata Mustafa.

Direktur Aman Palestin Indonesia Ustaz Miftahuddin Kamil menjelaskan, zionis Israel memang menyasar dan menghancurkan masjid-masjid dalam setiap serangannya. Sebab, kata dia, zionis Israel berasumsi bahwa ketika masjid-masjid dihancurkan, keimanan masyarakat Gaza akan melemah. Tidak ada lagi shalat berjamaah dan menghafal Alquran di masjid.

Ia juga menyampaikan, Masjid Syekh Ajlin merupakan tempat lahirnya ribuan penghafal Alquran. “Suatu ketika kita pernah menyaksikan masjid ini menghasilkan para penghafal Alquran, ada 13 ribu penghafal Alquran yang diwisuda,” kata Ustaz Miftahuddin. (rol)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *