by

Ridwan Kamil: PSBB Jabar Berakhir, Kecuali Bodebek

Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Depokrayanews.com- -Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi Jawa Barat (Jabar) telah berakhir pada Jumat 26 Juni 2020, kecuali untuk Wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek).

“Untuk seluruh Jabar hari ini tak ada lagi PSBB. Sudah diputusan kita semuanya melakukan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru, red), kecuali bodebek,” Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil usia meninjau tes masif bersama BIN di Gedung Sate, Jumat 26 Juni 2020.

Menurut Emil, keputusan itu di antaranya didasari karena angka reproduksi Covid-19 sudah di bawah 1 selama enam minggu. Secara umum kasus di Jabar rata-rata 15, 40 per hari.

Meski AKB, Ridwan meminta kewaspadaan tidak turun. “Jadi improvisasi melakukan lokalisir di desa kelurahan skala mikro pembatasan terus dilakukan. Tapi status Jawa Baratnya sudah kami hentikan PSBB yang skala Jabar untuk dilanjutkan ke kebijakan lokal,” ujar dia.

Status itu, kata dia, tidak berlaku bagi wilayah Bogor Depok dan Bekasi. Kelima wilayah tersebut tetap bercermin pada kebijakan Provinsi DKI Jakarta yang menerapkan masa transisi hingga 2 Juli mendatang.

“Kecuali Bodebek masih terus sampai tanggal 2 atau 4 Juli mengikuti jadwal di Jakarta,” kata Emil.

Dengan demikian semua kegiatan ekonomi di Jawa Barat sudah bisa dihidupkan lagi. “Kami berharap ekonomi tumbuh bisa positif 2 persen. Karena kalau tidak dilakukan tindakan pengangguran makin lama yang tak berpenghasilan makin banyak maka pertumbuhan bisa turun di minus 2 persen,” kata dia.

Begitu juga dengan BUMD yang sudah tiga bulan kegiatan banyak terhenti. “Itu bagian pendorongan kita terhadap BUMD agar proaktif bergerak untuk membangkitkan ekonomi di Indonesia dan Jabar,” kata Emil. (dri)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed