by

Ridwan Kamil soal Usulan Poligami: Itu Pendapat Pribadi Wagub, Saya tak Sependapat

DEPOKRAYANEWS.COM- Pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang mengusulkan agar para suami melakukan poligami untuk mencegah penyebaran HIH/AIDS di kalangan ibu rumah tangga langsung mendapat reaksi dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Respon itu disampaikan Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil pada Selasa 30 Agustus 2022. Dalam akunnya, secara tegas Ridwan Kamil mengatakan tidak sepakat dengan pernyataan Uu Ruzhanul Ulum.

“Pendapat pribadi Pak Wagub Uu Ruzhanul Ulum terkait poligami sebagai solusi, saya pribadi tidak sependapat,” kata Emil di akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

Emil menjelaskan Pemprov Jabar fokus pada kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan dalam penanggulangan HIV/AIDS dan IMS (infeksi menular seksual) di Jawa Barat.

Menurut Emil, ada delapan kebijakan terkait penanggulangan HIV/AIDS, di antaranya melakukan perluasan layanan konseling tes HIV, layanan perawatan dukungan dan pengobatan, serta melakukan pemeriksaan viraload bagi ODHA untuk melihat evaluasi penggunaan ARV pada ODHA.

“Beragam program dan agenda untuk mendeteksi dan menangani masalah ini sudah dilaksanakan secara progresif oleh Pemprov Jabar,” kata Emil.

Dalam unggahannya, Emil juga mengoreksi pemberitaan di media massa terkait kasus HIV di Kota Bandung. Ia mengatakan 414 Kasus HIV di kalangan mahasiswa Kota Bandung adalah akumulasi data selama 30 tahun yaitu sejak 1991-2021, bukan data dalam satu tahun.

Sebelumnya, Uu Ruzhanul Ulum mengusulkan agar para suami diizinkan poligami untuk menekan angka penderita HIV/AIDS di kalangan ibu rumah tangga.

Uu pun meminta para pria yang sudah menikah tidak lagi “jajan sembarangan” yang berpotensi menularkan HIV/ AIDS kepada para istri dan anak-anaknya. (and/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *