by

Rizieq Jadi Syarat Rekonsiliasi. Moeldoko: Kan Pergi Sendiri, Kok Dipulangin

Moeldoko saat merayakan ulangtahun Selasa 9 Juli 2019.

DepokRayanews.com- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku heran kubu Prabowo Subianto – Sandiaga Uno mensyaratkan pentolan FPI Rizieq Shihab harus dipulangkan dari pelariannya di Arab Saudi, kalau Jokowi – Maruf Amin ingin rekonsiliasi seusai Pilpres 2019.

Sebab, kata Moeldoko, pemerintah tidak pernah mengusir Rizieq keluar dari Indonesia. Rizieq sendiri yang berinisiatif pergi ke Arab Saudi saat menjadi tersangka kasus pornografi di Polda Metro Jaya.

“Siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi-pergi sendiri kok dipulangin, bagaimana sih? Memangnya kita yang mengusir, kan enggak,” kata Moeldoko di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019).

Menurut Mantan Panglima TNI itu, Rizieq ke Arab Saudi atas keinginan sendiri, bukan diusir pemerintah. Karena itu Moeldoko, terheran-heran kalau kubu Prabowo memasukkan soal pemulangan Rizieq kalau ingin rekonsiliasi politik.

“Pergi-pergi sendiri, kok kita ribut mau mulangin, kan begitu. Ya pulang sendiri saja. Enggak (bisa) beli tiket, baru gue beliin,” kata dia.

Moeldoko juga tak mau berspekulasi soal jaminan kasus-kasus kriminal Rizieq tak lagi dibuka kalau yang bersangkutan kembali ke Indonesia, karena yang lebih tepat berbicara soal kasus hukum yakni Kapolri Jenderal Tito Karnavian. “Ya saya tidak tepat bicara itu ya, mungkin Kapolri,” kata dia.

Untuk diketahui, Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan ada syarat rekonsolisiasi dari Prabowo kepada Jokowi. Salah satu syarat itu adalah pemulangan pentolan FPI Rizieq Shihab. Prabowo juga meminta semua pendukungnya yang ditahan karena tersandung kasus pidana, dibebaskan. “Keseluruhan bukan hanya itu (pemulangan Rizieq), tapi keseluruhan. Kemarin-kemarin banyak ditahan-tahanin ratusan orang,” kata Muzani. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *