Rocky Gerung dan Refly Harun Bentuk New KPK

Sebarkan :

 

Tokoh pendiri New KPK

Depokrayanews.com- Sejumlah tokoh yang selama ini dianggap kritis, membentuk lembaga baru yang mereka sebut sebagai New KPK. Lembaga ini lahir sebagai bentuk keprihatinan mereka terhadap tuntutan 1 tahun penjara kepada pelaku penyiraman air keras ke wajah Novel Baswedan.

Para tokoh itu, antara lain, Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu, Mantan Dosen Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung, Mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto, Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun, Mantan Jubir Presiden Abdurrahman Wahid, Adhie Massardi, Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Iwan Sumule, dan aktivis ProDEM Adamsyah Wahab.

Mereka datang ke rumah penyidik senior KPK, Novel Baswedan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Minggu 14 Juni 2020 sore untuk membentuk New KPS atau Kawanan Pencari Keadilan.

“Saya berterima kasih pada semuanya karena dukungan disampaikan oleh banyak pihak kita bisa lihat banyak rakyat Indonesia yang merasa bagaimana ketika nilai nilai keadilan diinjak injak dengan sembrono. Saya kira itu tak bisa dibiarkan,” kata Novel kepada wartawan usai pertemuan, Minggu 14 Juni 2020.

Refly Harus mengungkapkan dalam pertemuan kurang lebih 1,5 jam yang diselingi sholat ashar berjamaah itu, Novel bercerita bahwa ia tidak yakin dua orang terdakwa yang dituntut satu tahun itu adalah pelaku sebenarnya.

Seperti diberitakan, oknum polisi peneror air keras Novel, Rahmat Kadir dan Ronny Bugis dituntut satu tahun penjara oleh jaksa penuntut umum dengan pasal Pasal 353 ayat (2) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Jaksa menilai Rahmat Kadir terbukti melakukan penganiayaan berat terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan, dengan menyiramkan air keras ke bagian wajah.

Namun dalam tuntutannya, jaksa menilai keduanya tak sengaja menyiramkan air keras ke bagian wajah Novel Baswedan. Sehingga dakwaan primer dalam perkara ini tidak terbukti. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Prof Akmal Taher Mundur dari Ketua Bidang Kesehatan Satgas Covid-19

Depokrayanews.com- Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof Akmal Taher, mengundurkan diri dari ...