by

RS Rujukan Covid-19 Depok Penuh, Pasien Terpaksa Dikirim ke Cibinong Bogor

Mobil ambulans dari Kota Depok

Depokrayanews.com- Dinas Kesehatan Kota Depok
terpaksa mengirim pasien Covid-19 ke rumah sakit Cibinong, Kabupaten Bogor karena rumah sakit rujukan Covid-19 di Depok sudah penuh.

“Ya, kemarin kita kirim pasien Covid-19 ke RS di Cibinong,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita, Jumat 18 September 2020.

Nova bersyukur rumah sakit rujukan Covid-19 di Depok, Bogor dan Bekasi sudah bisa bersinergi untuk saling membantu penanganan pasien Covid-19 sesuai arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pekan lalu.

“Jadi, kalau mereka (Bogor dan Bekasi-red) ada tempat, kami bisa kirim ke sana. Yang penting ada komunikasi antara kami, petugas di Depok, Bogor, dan Bekasi. Kalau mereka juga butuh, lalu Depok ada tempatnya, kenapa enggak?” Kata Nova.

Pola distribusi pasien Covid-19 di Bodebek itu, kata dia, cukup membantu dalam jangka pendek.

Dia menyebut tingkat okupansi RS rujukan Covid-19 di Depok yang semakin penuh, butuh penambahan jumlah tempat tidur isolasi pasien Covid-19 yang signifikan.

Tapi hal itu tidak bisa dilakukan dalam jangka pendek, karena penambahan kapasitas RS juga berkaitan dengan penambahan tenaga medis.

“Tidak semudah itu juga rumah sakit menyiapkan. Kalau menambah tempat tidur, jika SDM-nya tidak ada, sulit. Misalnya di RS Universitas Indonesia, ada alat untuk ICU banyak, tapi SDM kurang,” kata Novarita.

Kota Depok hingga kini masih berstatus zona merah, sekaligus wilayah dengan total kasus positif Covid-19 tertinggi di Jawa Barat dan wilayah Bodetabek.

Hingga Kamis 17 September 2020 malam, total ada 3.107 kasus positif Covid-19 di Kota Depok.

Sebanyak 2.132 orang di antaranya dinyatakan pulih, sedangkan 110 orang lainnya meninggal dunia.

Hingga kini, ada 865 pasien positif Covid-19 yang sedang ditangani. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed