by

RSUD Depok Kini Jadi Rumah Sakit Covid-19, Tidak Terima Pasien Umum

Depokrayanews.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok ditunjuk sebagai rumah sakit Covid-19 dan tidak lagi menerima pasien umum.

“Iya RSUD sekarang jadi rumah sakit Covid-19,” kata Direktur RSUD Depok, Devi Maryori di Depok, Minggu 18 Juli 2021.

Menurut Devi, jika datang pasien non-Covid-19 ke RSUD Depok, maka akan dirujuk ke rumah sakit lain. “Tapi kalau yang kondisinya Sito (gawat darurat) dan butuh penanganan RSUD masih bisa kita tangani, ya jumlahnya nggak banyaklah hanya mungkin 10 persen,” kata Devi.

Dikatakan, hanya satu pelayanan umum yang masih bisa dilakukan di RSUD Depok yakni ruang rawat kebidanan. “Itupun kebidanan yang sifatnya sito juga, kalau pun masih bisa kita rujuk ya kita rujuk,” kata Devi.

Informasi yang sama juga disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana. ”Saat ini RSUD Depok sudah tidak lagi menerima pasien non-Covid-19 untuk dilakukan rawat inap. Jadi RSUD perawatannya didedikasikan untuk Covid-19,” kata Dadang.

Kebijakan itu dikeluarkan setelah adanya arahan dari Kementerian Kesehtan agar pemerintah daerah menyiapkan minimal satu rumah sakit hanya khusus melayani pasien Covid-19.

“Ada surat dari kemenkes agar menyiapkan 1 rumah sakit yang didedikasikan untuk Covid-19. Kita sudah tindaklanjuti RSUD saat ini tidak menerima lagi pasien dirawat non-Covid-19.” kata Dadang. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *