by

RSUD Depok Kini Punya Instalasi Bank Darah

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna melihat bank darah bersama Dirut RSUD Aslo;ah Fajri.
Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna melihat bank darah bersama Dirut RSUD Aslo;ah Fajri.

DepokRayanews.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok, kini punya
instalasi bank darah rumah sakit (BDRS).

“Keberadaan instalansi Bank Darah di RSUD Depok sangat dibutuhkan masyarakat Kota Depok, ” kata Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna didampingi Dirut RSUD Depok Asloe’ah Madjri, Jumat (1/3/2019).

Menurut Pradi, kehadiran intalasi bank darah adalah salah satu jawaban bagi masyarakat Depok untuk memudahkan akses kebutuhan darah termasuk dapat meringankan biaya pasien tanpa harus ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Depok,

BDRS memiliki sejumlah tugas penting untuk terjaganya ketersediaan darah. Termasuk menyiapkan SPO (Standart Prosedur Operasional) setiap langkah kegiatan, merencanakan kebutuhan darah di rumah sakit, menerima darah dari UTD yang telah memenuhi syarat uji saring (non reaktif) dan telah dikonfirmasi golongan darah, serta memantau persediaan darah harian atau mingguan.

Dikatakan Pradi Supriatna, BDRS juga berfungsi untuk memeriksa darah yang cocok untuk pasien, hingga melakukan rujukan apabila ada kesulitan uji silang selasih, dan menerima darah yang sudah diuji sharing oleh PMI.

“Keberadaan BDRS dapat membantu masyarakat khususnya pasien RSUD untuk mendapatkan darah tanpa harus menunggu waktu yang lama,” kata Pradi. (til)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *