by

RSUI Tambah Fasiltas Perawatan Pasien Covid-19

Depokrayanews.com- Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) kembali menambah jumlah tempat tidur perawatan pasien Covid-19.

Penambahan kapasitas ruangan dan tempat tidur itu merupakan bentuk komitmen RSUI yang didedikasikan sebagai rumah sakit penanganan Covi-19 di Kota Depok.

“Sebelumnya kapasitas tempat tidur khusus penanganan pasien Covid-19 RSUI hanya 55 tempat tidur, kini bertambah menjadi 93 tempat tidur,” kata Direktur Utama RSUI, dr Astuti Giantini dalam keterangan resminya, Rabu 28 Oktober 2020.

RSUI juga menambah ruang perawatan khusus penanganan Covid-19 di lantai 3 berkapasitas 13 tempat tidur yang difungsikan seluruhnya untuk perawatan intensif (ICU).

Kemudian untuk perawatan high care (HCU) dipindah ke lantai 6 dengan kapasitas 8 tempat tidur.

Di lantai 6 juga ditambah ruang isolasi Covid-19 sebanyak 17 tempat tidur secara bertahap. Semua ruangan dilengkapi dengan tekanan negatif dan kamera pengawas (CCTV).

Beberapa hal yang dipersiapkan untuk penambahan kapasitas tersebut antara lain penambahan jumlah SDM, sarana dan prasarana serta alat-alat medis yang dapat menunjang kebutuhan pasien dan mendukung penanganan yang lebih optimal.

RSUI memastikan semua tenaga kesehatan baik medis, keperawatan dan penunjang medis dapat melakukan perawatan sesuai dengan standar yang berlaku dan dibekali pelatihan dalam penanganan Covid-19.

Selama bulan Oktober (data per 25 Oktober 2020), RSUI telah merawat pasien positif Covid-19 yang dirawat inap sebanyak 87 pasien terdiri dari 75 pasien terkonfirmasi, 3 pasien probable, dan 9 pasien suspek.

Sementara saat ini 46 pasien masih dirawat diantaranya berada di ruang intensif Covid-19 sebanyak 11 pasien dan berada di kamar isolasi sebanyak 35 pasien. Dari jumlah tersebut, pasien yang meninggal karena Cobid-19 sebanyak 5 pasien.

RSUI berharap dengan adanya penambahan ruang perawatan khusus Covid-19 akan membantu upaya percepatan dan penanganan pasien yang terinfeksi Covid-19 secara
komprehensif. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed