by

Rumah Sakit Puri Cinere dan Brawijaya Belum Kerjasama dengan BPJS Kesehatan

Depokrayanews.com- Di Kota Depok saat ini ada 24 rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta. Dari jumlah itu hanya dua rumah sakit yang belum menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan yakni Rumah Sakit Puri Cinere dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Brawijaya di Bojongsari.

“Ya, hanya 2 rumah sakit itu yang belum menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Artinya, kedua rumah sakit itu tidak bisa menerima pasien peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan program resmi pemerintah pusat,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kota Depok, Elisa Adam kepada depokrayanews.com, Senin 6 Desember 2021.

Menurut Elisa, pihaknya sudah berkali-kali melakukam komunikasi dengan manajemen RS Puri Cinere. Tapi selalu saja alasannya masih dalam peningakatan dan melengkapi persyaratan yang diminta BPJS Kesehatan.

Padahal RS Puri Cinere adalah rumah sakit lama termasuk yang pertama di Kota Depok, selain RS Bhakti Yudha.

Berbeda dengan sejumlah rumah sakit lain yang hadir belakangan dibanding RS Puri Cinere sudah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan sebagai pelaksana program JKN seperti RS Citra Arafiq, RS Bunda Margonda dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)

Lain lagi dengan RSIA Brawijaya yang terletak di wilayah Bojongsari. Hingga saat ini, pihak BPJS Kesehatan belum bisa bertemu dengan manajemen, apalagi dengan direksi rumah sakit itu. “Sampai hari ini kami belum bisa bertemu dengan pihak manajemen Brawijaya, meskipun sudah beberapa kali kami mencoba untuk bersinergi,” kata Elisa.

Dengan demikian, Elisa tidak mengetahui secara pasti apa alasan RSIA Brawijaya tidak mau menjalim kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

RSIA Brawijaya diresmikan 11 Januari 2018 oleh Gubernur Jawa Barat (ketika itu) Ahmad Heryawan.

Dari data yang diterima depokrayanews.com, hingga saat ini sudah 22 rumah sakit yang menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan, termasuk rumah sakit berjaringan dalam satu grup seperti Hermina dan Mitra Keluarga. Bahkan RSUI dengan fasilitas super lengkap sudah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Berikut daftar 22 rumah sakit yang sudah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan:

Inilah 22 rumah sakit yang sudah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan.
1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed