by

Sadar Risiko Pekerjaan, Surya Lindungi Diri Dengan Program JKN-KIS

 

 

Depokrayanews.com– Besarnya manfaat yang ditawarkan dengan iuran yang sangat terjangkau, membuat Program JKN-KIS menjadi salah satu pilihan utama masyarakat untuk memproteksi diri.

Seperti yang dilakukan oleh Surya Salim Efendy, seorang warga Kota Depok yang sehari-hari bekerja sebagai kurir pada salah satu perusahaan swasta.

Ditemui di sela-sela kesibukannya, Surya pun tidak segan berbagi kisahnya seputar Program JKN-KIS.

Surya menuturkan bahwa dengan pekerjaannya saat ini sebagai seorang kurir, maka resiko untuk sakit cukup besar. Menyadari hal tersebut, ia pun memproteksi dirinya dengan Program JKN-KIS.

“Kerjaan saya saat ini cukup beresiko terhadap masalah kesehatan saya. Jadi saya melindungi diri dengan Program JKN-KIS. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Sebagai seorang kurir, saya pasti akan terus berinteraksi dengan orang-orang. Jadi cukup rentan mempengaruhi kondisi kesehatan saya.  Maka dari itu, Program JKN-KIS ini tentu akan sangat bermanfaat bagi saya,” kata Surya.

Surya mengungkapkan bahwa dengan menjadi peserta JKN-KIS, ia pun dapat merasa lebih tenang dan fokus dalam melaksanakan pekerjaannya karena ia tidak perlu khawatir lagi jika jatuh sakit.

Ia bisa berobat ke fasilitas kesehatan dan memperoleh pelayanan dengan baik tanpa harus terkendala masalah biaya pengobatan yang bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

“Tanpa menjadi peserta JKN-KIS, saya tentu akan selalu merasa was-was dalam bekerja. Dampaknya saya pasti tidak akan bisa fokus saat bekerja, karena takut kalau tiba-tiba jatuh sakit dan harus berobat ke rumah sakit,” kata Surya.

Lebih lanjut, Surya mengungkapkan bahwa alasan ia memilih memproteksi diri dengan Program JKN-KIS dan tidak memilih asuransi swasta adalah karena Program JKN-KIS telah memberikan bukti nyata.

Menurutnya, ia telah sering menyaksikan kerabatnya terbantu berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Bahkan tahun 2019 lalu, persalinan kerabatnya juga berjalan lancar dengan menggunakan Kartu JKN-KIS.

“Tentu saya akan memilih yang sudah pasti manfaatnya. Apalagi iuran Program JKN-KIS masih bisa saya jangkau. Kalau iuran asuransi swasta rata-rata mahal, jadi saya pasti akan merasa terbebani untuk pembayaran iurannya,” tutup Surya. (DT/mr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *