by

Sambangi Polres Metro Depok, Disdukcapil Berhasil Aktivasi Identitas Digital 695 Orang

DEPOKRAYANEWS.COM- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok berhasil melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) terhadap 695 orang ketika melakukan aksi jemput bola di Polres Metro Depok

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti mengatakan, pihaknya aktif melakukan pelayanan aktivasi IKD ke instansi vertikal, kantor kecamatan, hingga perusahaan swasta.

“Ini bagian dari pelayanan kami kepada masyarakat untuk lebih mudah memperoleh identitas digital,” kata Nuraeni di Jakarta, Kamis 2 Maret 2023.

Pelayanan jemput bola dilakukan sebagai upaya percepatan layanan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blanko KTP-El, serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital.

Aturan ini juga diperkuat dengan Instruksi Wali Kota Depok Nomor 2 Tahun 2023 tentang Aktivasi Identitas Kependudukan Digital.

“Layanan jemput bola ini akan terus kami lakukan sehingga seluruhnya dapat mengaktivasikan identitas digitalnya dengan mudah,” kata dia.

Sebelumnya Disdukcapil telah dilakukan aktivasi IKD kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN di sejumlah perangkat daerah di Kota Depok.

Menurut Nuraeni, identitas digital merupakan versi digital dari dokumen identitas yang dapat diakses secara online. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *