by

SBY Bangun Museum dan Galeri Seni di Pacitan

-Nasional-40 views
usilo Bambang Yudhoyono sampai di Pacitan.

DepokRayanews.com- Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pemancangan tiang pertama pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu 22 Februari 2020.

SBY mengatakan pembangunan museum dan galeri itu merupakan amanah dari almarhumah istrinya, Ani Yudhoyono.
“Semasa hidup, Bu Ani berpesan dan sangat mengharapkan dibangun museum di Pacitan,” kata SBY di sela pemancangan tiang pertama pembangunan museum di Pacitan.

SBY mengungkapkan istrinya sangat mencintai Pacitan, sehingga sangat bersemangat dengan ide pembangunan museum dan selalu mendorong segera dilaksanakan pembangunannya. “Ketika di rumah sakit Singapura, Ibu Ani bilang ‘Pepo kalau nanti saya sudah sembuh, kita atur nanti pembangunan museum dan galeri itu’. Itu kata-kata Almarhumah yang saya ingat sampai kapanpun,” jelasnya.

SBY juga mengucapkan terima kasih dan mohon doa restu agar pembangunan museum ini bermanfaat bagi semuanya.
“Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada semua rakyat yang mendoakan terwujudnya pembangunan museum dan galeri seni ini,” katanya.

SBY mengaku mendapat inspirasi dari museum-museum yang pernah dikunjungi, baik dalam maupun luar negeri, terutama museum Presiden pertama, Museum Bung Karno di Blitar. “Saya dan almarhumah istri, Bu Ani Yudhoyono, sudah sangat ingin memiliki museum yang bermanfaat untuk banyak orang. Semoga kehadiran museum ini diridhoi Allah SWT,” katanya.

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan dan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare, sedangkan total bangunannya mencapai 7.500 meter persegi. Konsep bangunannya terdiri dari bagian museum kepresidenan SBY, mulai pendidikan di militer hingga diangkat menjadi presiden serta bagian lainnya terdapat galeri seni Ani Yudhoyono.

Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Ossy Dermawan, menjelaskan, museum menampilkan sejarah hidup SBY yang dibagi menjadi berbagai tema. “Dimulai dari masa kecil dan remaja SBY di Pacitan, hingga terpilih menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat di tahun 2004,” jelasnya.

Museum tersebut, lanjut dia, rencananya tidak hanya akan tentang sejarah kehidupan SBY semasa tinggal di Pacitan, tetapi juga perjalanan pendidikan, karir militer, politik-pemerintahan hingga capaian kerja satu dekade pemerintahan (2004-2014).

Tidak itu saja, museum juga dilengkapi dengan galeri seni Ani Yudhoyono yang didedikasikan untuk mengenang warisan dan kontribusi besar Ani Yudhoyono kepada bangsa saat mengabdikan dirinya mengemban tugas sebagai Ibu Negara. (rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed