by

Segini Potongan Harga Mobil Toyota Setelah PPnBM Dihapus

Depokrayanews.com- Pemerintah secara resmi membebaskan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap 21 jenis mobil mulai dari Toyota sampai Wuling.

Merespons aturan itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis daftar harga potongan pada kendaraan yang dijualnya. “Program ini mulai diberlakukan bulan Maret 2021 dengan skema subsidi bertahap,” demikian keterangan tertulis TAM, Sabtu 27 Februari 2021.

Pada bulan Maret sampai dengan Mei, pemerintah memberikan subsidi PPnBM 100 persen, di bulan Juni sampai Agustus subsidi 50 persen dan September sampai November 25 persen.

Adapun estimasi potongan harga berpengaruh dari subsidi PPnBM 100 persen yaitu, harga Avanza misalnya, akan turun sekitar Rp 13 juta hingga Rp 16 juta, Rush Rp 18 juta hingga Rp19 juta, Sienta Rp 19 juta sampai Rp22 juta, Yaris Rp 18 juta hingga Rp 21 juta dan Vios Rp 60 juta hingga Rp 65 juta.

Namun, pada model Agya dan Calya tidak mengalami penurunan harga karena mobil tersebut sudah mendapat potongan PPnBM 0 persen. Mobil yang mendapatkan subsidi adalah jenis rakitan dalam negeri (CKD) dengan kapasitas mesin di bawah 1500 cc, dan penggunaan komponen lokal di atas 70 persen. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *