by

Sejumlah Duta Besar akan Hadir pada Peresmian Masjid Al Jabbar Bandung

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengundang sejumla menteri dan duta besar negara-negra mayoritas muslim untuk hadir pada acara peresmian Masjid Al Jabbar yang terletak di Jalan Cimincrang No.14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung pada Jumat 30 Desember 2022 besok.

“Kita mengundang para duta besar sebagai mitra kerja sama luar negeri Pemprov Jabar. Sejauh ini yang duta besar sudah mengkonfirmasi kehadirannya adalah duta besar Maroko dan Sudan. Yang lain masih terus kita konfirmasi,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov Jabar Dodit Ardian Pancapana, Rabu 28 Desember 2022 malam.

Pemprov Jabar menyebar sekitar 7.000 undangan mulai dari pejabat pemerintah pusat, duta besar, hingga para tokoh di tingkat desa.

“Menteri PMK, Menteri Agama saya undang. Ada 7.000-an undangan tapi mayoritas adalah tokoh. Dari level desa, kecamatan, kabupaten, kota, yang punya umat, kyai, MUI, LSM, ormas, para pemilik saham Jawa Barat semua diundang,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau Masjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung.

Emil menjelaskan, Presiden Jokowi tidak bisa hadir dalam peresmian tersebut. Namun, dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Al Jabbar pada awal tahun depan.

“Saya juga sudah melapor ke Pak Jokowi cuma mungkin di suatu hari awal tahun depan mampir ke sini,” katanya.

Masjid Al Jabbar sangat luas dan besar. Kapasitas di area utama bisa menampung 20.000 orang. Kemudian, di lantai atas biasanya mayoritas jamaah perempuan bisa menampung 2.000-3.000 orang. Lalu, di luar ada alun-alun kalau di dalam masjid luber bisa juga digunakan shalat.

“Di luar sudah dikasih garis shaf juga, kapasitanya 20.000 juga. Keliling sana sini kalau dipakai shalat kapasitas sebenarnya masjid ini sekitar 50.000 jamaah sudah kayak stadion,” katanya.

Al Jabbar ini, kata Emil, tak hanya masjid, tapi di bawahnya ada museum rosul dan sejarah islam nusantara dan Jawa Barat. (and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *