by

Sekda Minta Intervensi Jalan Alternatif, Kadishub Eko Herwiyanto Janji akan Bahas dengan Dinas Terkait

Depokrayanews.com- Kepala Dinas Perhubungam Kota Depok, Eko Herwiyanto akan membicarakan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk mengintervensi jalan-jalan alternatif sehingga bisa mengurangi kemacetan di sejumlah ruas jalan di Kota Depok.

“Kami akan bahas rencana ini dengan dinas terkait. Meskipun itu arahan lisan dari Pak Sekda, tetap akan kami perioritaskan,” kata Eko kepada depokrayanews.com, Senin 6 Desember 2021.

Seperti diberitakan sebelumnya. Sekretaris Daerah (Sekda) Depok, Supian Suri meminta Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok yang baru dilantik, Eko Herwiyanto untuk melakukan interventi terhadap jalan-jalan alternatif yang sudah digunakan masyarakat selama ini.

”Misalnya jalan-jalan alternatif itu dilebarkan sehingga dapat menjadi solusi kepadatan kendaraan di sejumlah ruas jalan,” kata Supian Suri.

Menurut Eko, dalam waktu dekat pihaknya akan membicarakan masalah ini dengan dinas terkait, terutama PUPR. Termasuk kemungkinan pelabaran jalan-jalan alternatif.

Sebab menurut Eko, penambahan jumlah kendaraan tidak sebanding dengan penambahan ruas jalan, baik panjang jalan maupun pelebaran jalan.

Eko menyebut, pada tahap awal intervensi bisa dilakukan pada sejumlah ruas jalan alternatif yang selama ini sudah digunakan masyarakat.

Eko kemudian mencontohkan Jalan Raya Pasir Putih di Kecamatan Sawangan bisa dioptimalkan sebagai jalan alternatif menuju Jalan Raya Ciyatam menuju Jalan Margonda melalui Cipayung

“Sebagian orang dari Sawangan atau Pasir Putih bisa diarahkan melalui Cipayung kalau mau ke Margonda. Jadi tidak perlu melalui Jalan Raya Sawangan lagi,” kata Eko yang baru sepekan menjadi Kadis Perhubungan.

Sebelumnya Eko menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok. Eko juga pernah menjadi Camat di Kecamatan Sawangan dan Cinere.

Menurut Eko bila intervensi seperti itu bisa dilalukan maka akan mengurangi beban jalan-jalan utama. “Nanti akan kita cek jalan alternatif mana saja yang bisa kita intervensi” kata Eko.

Soal pelabaran jalan alternatf itu merupakan satu dari tiga poin penting yang disampaikan Sekda kepada Eko Herwiyanto.

Poin kedua, Supian Suri mendorong Dishub Kota Depok mempercepat sinergisitas dengan dinas terkait, terutama soal pengaturan simpang-simpang jalan yang ada di Kota Depok.

Supian Suri juga menyampaikan pesan terkait dengan transportasi massal. Dia berharap Dishub bisa merealisasikan transportasi massal yang ideal, karena sudah menjadi keharusan agar masyarakat segera beralih dari penggunaan transportasi pribadi. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed