by

Seluruh Calon Jemaah Haji Jawa Barat Berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta

Jemaah haji Indonesia
Calon jemaah haji asal Kota Depok.

DepokRayanews.com- Seluruh calon jamaah haji (Calhaj) Jawa Barat tahun 2019 akan diberangkatkan melalui Bandara Soekarno-Hatta, bukan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati- Majalengka karena masih ada masalah dengan persoalan administrasi.

”Pemberangkatan haji belum bisa dilakukan melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati- Majalengka karena sejumlah persoalan administrasi,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, A. Buchori usai mendampingi Gubernur Jawa Barat dalama pengukuhan petugas haji Jawa Barat tahun 2019 di embarkasi Jakarta-Bekasi.

Menurut Buchori, banyak persoalan yang harus dirampungkan jika akan menggunakan BIJB Kertajati-Majalengka, Banyak instansi yang terlibat. Sementara Kelompok terbang (Kloter) pertama akan masuk embarkasi pada 6 Juli 2019 dan terbang ke Arab Saudi 7 Juli 2019.

Jumlah petugas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Barat pada 2019 bertambah menjadi 355 orang dengan rincian 22 unsur pimpinan dan 332 PPIH pembantu. Unsur yang terlibat pada PPIH Embarkasi Jakarta-Bekasi, yakni Kementrian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Pemprov Jawa Barat, Kepolisian Metro Kota Bekasi, dan unsur Pemerintah Kota Bekasi.

Menurut Buchori, jumlah jemaah haji Jawa Barat tahun ini mencapai 38.913 jemaah. Selain itu, ada sekisar 285 TPHD, 485 petugas kloter, dan terbagi dalam 97 Kkloter. Sehingga, total keseluruhan yang diberangkatkan dari Jawa Barat sekisar 39.683 orang.

“Sebelum keberangkatan menuju Arab Saudi, seluruh jemaah haji akan dikarantina selama lebih kurang 12-14 jam di asrama haji. Guna memastikan kesiapan jemaah haji, dan hal-hal yang diperlukan oleh jemaah haji,” kata dia. (and)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *