by

Sembilan Bank di Indonesia Masuk Daftar Bank Terbaik Dunia 2022 Versi Forbes

DEPOKRAYANEWS.COM- Forbes, lembaga riset Amerika Serikat merilis Bank Terbaik di Dunia atau World Best Bank pada Tahun 2022, bersama dengan firma riset pasar Statista. Sejumlah bank di Indonesia masuk ke dalam jajaran bank terbaik di dunia.

Ada sembilan bank di Indonesia yang masuk dalam jajaran papan atas bank papan atas dunia itu Bank BCA, Bank DBS, Bank Mandiri, BSI, Bank Jago, BCA Syariah, BRI, Bank Panin dan Bank DKI.

Peringkat itu disusun setelah statista mensurvei lebih dari 45 ribu pelanggan dalam 14 bahasa di seluruh dunia dan menanyakan pendapat mereka tentang hubungan perbankan mereka saat ini dan sebelumnya.

Nominasi itu dinilai berdasarkan kepuasan umum serta tolak ukur utama lainnya seperti kepercayaan, biaya, layanan digital, dan nasihat keuangan.

Bank asal Amerika Serikat paling banyak menempati peringkat dalam rilis, yakni 75 bank, diikuti Jepang dengan 45 bank, dan Jerman 35 bank. Ada 7 negara yang paling sedikit menempati posisi dalam World’s Best Banks 2022.

“Secara khusus, dua bank dengan peringkat tertinggi berada di Asia, dengan Bank BCA dan Bank DBS Indonesia menempati dua posisi teratas,” demikian tulis Forbes seperti dikutip pada Jumat 15 April 2022.

Bank BCA merupakan lembaga keuangan swasta tertua dan terbesar, didirikan pada 1957 dan saat ini memiliki total karyawan 25 ribu orang.

Sedangkan DBS Bank didirikan pada 1968, saat ini bank tersebut memiliki total karyawan sebanyak 30 ribu orang.

Empat bank dari 10 besar berasal dari AS, termasuk Lincoln, Union Bank & Trust yang berbasis di Nebraska, Fargo, Gate City Bank yang berbasis di North Dakota, dan United Community Bank UCBI yang berbasis di Georgia.

Sisa dari 10 besar termasuk dua bank dari India, HDFC Bank, dan ICICI Bank serta Nubank dari Brazil dan Commercial Bank of Dubai dari Uni Emirat Arab. (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *