by

Sempat Molor, Underpass Dewi Sartika Depok akan Diresmikan Gubernur Ridwan Kamil

DEPOKRAYANEWS.COM- Wali Kota Depok mengklaim pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika telah selesai dikerjakan, tinggal beberapa bagian yang perlu dibersihkan.

Rencananya, underpass Dewi Sartika Depok itu akan diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada minggu kedua Januari 2023.

“Kemarin laporan sudah selesai tinggal membersihkan, dan rencananya akan diresmikan gubernur pada minggu kedua Januari mendatang, ” kata Idris kepada wartawan di Depok, Rabu 4 Januari 2023.

Menurut Idris, underpass Dewi Sartika itu perlu dibersihkan dari sisa puing saat pengerjaan pembangunan. Berdasarkan laporan, masih terdapat puing yang perlu diangkut sebelum dilaksanakan peresmian.

Sebelumnya, underpass Dewi Sartika itu akan diresmikan pada akhir tahun 2022 lalu. Namun hingga saat ini pembangunan yang menghubungkan Jalan Dewi Sartika dengan Jalan Raya Margonda belum diresmikan karena masih ada pekerjaan yang belum selesai.

Pada pemberitaan sebelumnya, pembangunan underpass Dewi Sartika yang saat ini masih dikerjakan akan segera selesai tepat waktu. Kepastian tersebut didapatkan dari perhitungan pihak pengembang.

Hal itu juga diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Bahkan Emil, begitu Ridwan Kamil biasa disapa, akan menjadikan underpass itu sebagai kado akhir tahun bagi masyarakat Kota Depok.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan biaya pembangunan underpass Dewi Sartika sebesar Rp 279,6 miliar dari dua Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), yakni Pemkot Depok dan Pemprov Jawa Barat.

“Biaya pembebasan lahannya memakan Rp 189 miliar yang dibiayai dari APBD Kota Depok, sedangkan biaya konstruksi menelan sebesar Rp 108,6 miliar dari APBD Pemprov Jawa Barat,” kata Bambang.

Underpass Dewi Sartika memiliki panjang penanganan jalan 970 meter dengan panjang underpassnya 470 meter. Sementara, lebarnya 11 meter dengan perkerasan badan jalan selebar tujuh meter. Underpass ini mempunyai dua jalur dengan lajur satu arah. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed