by

Seorang Pendukung Lukas Enembe Tewas Tertembak Saat Kerusuhan di Bandara Sentani

DEPOKRAYANEWS.COM- Kerusuhan akibat penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe tidak hanya terjadi di Mako Brimob Kotaraja, tapi meluas sampai ke area Bandara Sentani. Satu orang pendukung Lukas dikabarkan tewas pada peristiwa yang terjadi, Selasa 10 Januari 2023 itu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo mengatakan kejadian tersebut bermula ketika Lukas Enembe masih berada di Bandara Sentani untuk dibawa menuju Jakarta.

Saat itu, simpatisan Lukas Enembe mencoba memasuki Landasan Udara Bandara Sentani. Mereka tidak terima dengan penangkapan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Enembe.

Ignatius mengklaim para pendukung Enembe kemudian mencoba melakukan penyerangan terhadap petugas yang mengamankan lokasi Bandara.

“Mereka menyerang petugas yang melakukan penyekatan yang melakukan pengamanan. Maka dilakukan upaya untuk menghentikan perbuatannya karena membahayakan petugas,” kata Kombes Ignatius Benny Prabowo kepada wartawan, Selasa 10 Januari 2023.

Menurutnya, petugas di lapangan sudah melepaskan tembakan peringatan kepada massa aksi namun tidak dihiraukan oleh pendukung Enembe.

“Sudah ada upaya tembakan peringatan. Para simpatisan LE melakukan penyerangan terhadap petugas dengan melempari batu dan menembakkan panah ke arah petugas,” kata dia.

Ignatius mengklaim petugas terpaksa melepaskan tembakan untuk melumpuhkan para simpatisan. Tembakan tersebut mengenai bagian bawah pinggang korban.

Korban juga sempat dibawa ke RSUD Yowari untuk mendapatkan perawatan. Kendati demikian, nyawanya tetap tidak dapat tertolong.

“Korban ditembaknya di bawah pinggang. Itu kan memang standar untuk penembakan melumpuhkan. Tapi memang yang bersangkutan pada saat dilakukan perawatan di RS dinyatakan meninggal dunia,” jelasnya.

Selain korban tewas, Ignatius menyebut terdapat tiga korban luka lainnya buntut kericuhan di Bandara Sentani tersebut. Ia mengatakan dua korban luka merupakan kelompok simpatisan Enembe. “Satu itu warga kena rekoset karena berada di sekitar lokasi,” kata dia.

Seperti diberitakan, Lukas Enembe telah ditangkap di Kota Jayapura, Papua, pada Selasa 10 Januari 2023 Siang oleh KPK. Enembe sempat dibawa ke Mako Brimob Kotaraja sebelum akhirnya diberangkatkan menuju Jakarta dari Bandara Sentani.

Lukas Enembe ditangkap KPK karena diduga telah menerima suap dan gratifikasi senilai miliaran terkait proyek infrastruktur di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. (ant/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *