Setya Novanto Dilantik, Ade Komarudin Dirawat di Singapura

Sebarkan :

 
Rapat Pleno DPP Partai Golkar memutuskan untuk mengembalikan jabatan Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI.

Rapat Pleno DPP Partai Golkar memutuskan untuk mengembalikan jabatan Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI.

Depokrayanews.com- Setya Novanto akhirnya dilantik kembali menjadi Ketua DPR menggantikan koleganya, Ade Komarudin, dalam rapat paripurna DPR, Rabu ((30/11/2016). Novanto diambil sumpahnya oleh Pelaksana Harian Mahkamah Agung.

Dalam acara ini,  Semua pimpinan DPR hadair, kecuali Ade Komarudin yang dikabarkan dirawat di Singapura.

Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fadli Zon ini, terlebih dahulu diberikan kesempatan kepada fraksi-fraksi untuk menyampaikan sikapnya terkait diajukannya Novanto sebagai Ketua DPR.

Seluruh fraksi menyatakan menerima Novanto untuk menduduki Ketua DPR. Namun, ada empat fraksi yang memberi catatan, yakni PDIP, Nasdem, PPP, Hanura, soal perlunya revisi UU MD3.

Seperti diungkapkan juru bicara Fraksi PPP Reni Marlinawati, revisi ini terutama diarahkan untuk mengubah pasal agar komposisi pimpinan DPR (terdiri Ketua DPR, dan empat Wakil Ketua DPR) yang dibagi secara proporsional.

Setelah fraksi-fraksi sudah menyatakan sikapnya soal usulan Novanato jadi Ketua DPR, Ketua sidang Fadli Zon menanyakan persetujuan kepada anggota rapat, setuju atau tidak. Langsung dijawab paripurna, koor setuju. Ketok palu dilakukan Fadli.

Fadli mengungkapkan tata tertib, dan menyatakan harus diambil sumpah. Namun, untuk acara ini, Ketua MA pergi ke luar negeri.

“Saya sudah menghubungi Ketua MA, namun beliau berada di luar negeri. untuk itu pengambilan sumpah dilakukan oleh Pelaksana Harian Mahkamah Agung,” ujarnya.

Novanto pun diambil sumpah oleh Pelaksaana Harian  MA. Usai disumpah, Novanto menempati kursi pimpinan DPR, dan sejenak kemudian memberikan sambutan pertama, setelah pelantikan ini. Ia mengucapkan terima kasih, dan mengajak semua anggota untuk memajukan DPR.

“Kami ucapkan terima kasih. Selanjutnya, saya mengajak semua anggota untuk meneruskan program-program legislasi, , fungsi anggaran, pengawasan. Mari kita majukan lembaga DPR ini dengan sebaik-baiknya, untuk  saling asah-saling asih, untuk kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia,” tegasnya.  (pkn)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemerintah dan DPR Sepakat Pilkada Serentak Tetap Digelar 9 Desember

Depokrayanews.com- Pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilihan umum sepakat Pilkada serentak 2020 tetap akan digelar pada ...