by

Siap Jadi Wali Kota, Baliho Sekda Depok Supian Suri Menjamur di Cinere

DEPOKRAYANEWS.COM – Baliho Supian Suri, Sekda Kota Depok yang menyatakan siap menjadi Wali Kota Depok kini menjamur di Cinere, wilayah perbatasan Kota Depok dengan DKI Jakarta dan Tangerang Selatan.

Keterangan yang diperoleh depokrayanews.com, memyebutkan baliho-baliho itu sudah muncul sejak beberapa hari terakhir.

Pada baliho itu. Supian Suri mengenakan kemeja putih dengan tangan kanan diangkat ke arah dana. Pada bagian kiri atas tertulis: siap nenjadi Wali Kota Depok. Di bawah foto baru tertulis: Supian Suri.

Tidak jelas siapa yang memasang baliho itu karena tidak tertulis sama sekali. Yang jelas bukan dari partai karena sampai hari ini Supian Suri adalah PNS dan pejabat karir. Sesuai aturan, PNS tidak boleh terlibat politik praktis, apalagi menjadi pengurus partai.

Karena bukan orang partai, maka warna frame pada baliho itu sengaja dipilih warna pink sehingga tidak mewakili warna partai politik apa pun.

Menurut catatan depokrayanews.com, Supian Suri adalah Sekda Depok pertama yang terang-terangan menyatakan siap nenjadi wali kota, meskipun masih aktif menjabat sekda.

Sekda sebelumnya, drg Hardiono, yang kini sudah pensiun, sempat tercium akan maju sebagai calon wali kota. Tapi nasibnya berbeda. Posisinya sebagai sekda langsung tidak ‘nyaman’. Tugasnya dikurangi.

Bahkan jabatannya sebagai komisaris mewakili Pemkot Depok sebagai pemegang saham di PDAM Tirta Asasta, satu-satunya BUMD Kota Depok, langsung dinonaktifkan secara diam-diam. Saat diadakan rapat direksi dan komisaris PDAM, Hardiono tidak lagi diundang. Begitu juga soal pengambilan keputusan, tidak lagi dilibatkan.

Nama Supian Suri memang digadang-gadang akan menjadi calon wali kota menggantikan kerabatnya Mohammad Idris yang sudah menjalani masa periode kedua sebagai wali kota.

Hanya saja, partai mana yang akan mengusung Supian Suri, sampai saat ini belum jelas. Kalau melihat catatan sejarah, orang tua Supian Suri dulu salah satu lurah di Depok dan merupakan kader Partai Golkar.

Kabarnya PPP yang siap untuk mengusung Supian Suri sebagai calon wali kota. Bisa jadi PPP akan mengajak partai-partai koalisi pendukung Idris-Iman kemarin, tentunya minus PKS.

Sebab PKS akan mengusung Imam Budi Hartono yang kini menjadi Wakil Wali Kota Depok. Imam sejak tahun lalu juga dipercaya sebagai Ketua DPC PKS Kota Depok. Jabatan ini sempat ditawarkan PKS sebelumnya kepada Mohammad Idris, tapi dia menolak.

Oleh banyak pihak, sosok Supian Suri dianggap pantas menjadi wali kota atau wakil wali kota. Karena dia pejabat karier dan alumni STPDN yang sangat menguasai tata pemerintahan dan SDM.

Bisa jadi Supian Suri mendampingi Imam Budi sebagai wakil wali kota. Tergantung kesepakatan saat deal-deal politiknya.

Sosok Supian bisa jadi rebutan partai politik lain, minimal untuk mengisi posisi wakil wali kota oleh calon- calon wali kota.

Supian Suri sudah menempatkan alumni STPDN pada jabatan strategis di Pemkot Depok. Dia juga menjadi Ketua Korpri Kota Depok dengan anggota sekitar 10 ribu orang.

Sejauh ini nama-nama yang muncul sebagai calon Wali Kota Depok baru Imam Budi Hartono (PKS), Farabi A.Rafiq (Golkar) dan Hasbullah Rahmat (PAN).

Perjalanan karir Supian Suri:

Supian Suri dilantik sebagai Sekda Kota Depok pada 22 Juli 2021 setelah posisi itu kosong sejak pejabat lama, drg Hardiono pensiun pada Januari 2021.

Berikut profil Supian Suri:

Nama: Drs. Supian Suri, MM

Tempat/Tgl Lahir: Bogor/27 Februari

Riwayat Pendidikan Formal

Tahun 1999 Sekolah Tinggi Pemerintahan Daerah Negeri (STPDN) D-IV Ilmu Pemerintahan

Tahun 2002 Institut Ilmu Pemerintahan S.1 Keuangan Daerah

Tahun 2008 IMMI S.2 Ilmu Manajemen

Riwayat Pekerjaan

Sekretaris Daerah Kota Depok 2021

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok 2021

Plt. Kepala DPMPTSP Kota Depok 2020

Plt. Camat Cimanggis Kota Depok 2020

Plt. Kepala Dinas PUPR Kota Depok 2019

Kepala BKPSDM Kota Depok 2017

Sekretaris BKPSDM Kota Depok 2016

Kabag Pemerintahan Setda Kota Depok 2014

Kabid Pendapatan II Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset 2011

Sekretaris Camat Tapos 2010

Lurah Tugu Kecamatan Cimanggis 2006

Lurah Jatimulya Kecamatan Cilodong 2006

Kasubag Protokol Pada Bag. Humas dan Protokol Setda Kota Depok 2005

Sekretaris Lurah Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya 2002.

Ajudan Wakil Wali Kota Depok 2000.

(ril/red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed