by

Siap-siap, Naik BisKita Transpakuan di Bogor Tidak Lagi Gratis, Tarif Rp 4 Ribu Sekali Jalan

DEPOKRAYANEWS.COM– Sia-siap, dalam waktu dekat naik BisKita Transpakuan di Bogor tidak lagi bisa gratis, karena Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan keputusan pengenaan tarif sebesar Rp 4.000 per orang untuk sekali jalan. Besaran tarif itu, lebih rendah dari yang diusulkan Pemerintah Kota Bogor sebelumnya yakni Rp 5.500 per orang.

“Kami mendapat undangan dari BPTJ tentang pemberlakuan penerapan tarif BisKita. Dijelaskan Kemenhub (bahwa) Pak Menhub sudah Acc (menyetujui) Rp4.000,” kata Kepala Dishub Kota Bogor, Eko Prabowo, Jumat 31 Maret 2023.

Penerapan tarif ini menyesuaikan dengan kajian Ability To Pay (ATP) atau kemampuan untuk membayar jasa pelayanan dan Willingness To Pay (WTP) atau kesediaan pengguna untuk mengeluarkan imbalan atas jasa yang diperolehnya.

Meski begitu, menurut Eko, penerapan tarif baru akan mulai diberlakukan setelah jajaran Dishub Kota Bogor selesai menyosialisasikannya ke masyarakat.

“Tidak langsung bisa diterapkan. Secara aturan, menurut mereka, harus ada tahapan sosialisasi. Sejak hari ini (Jumat-red) sampai satu minggu ke depan masuk tahapan sosialisasinya,” kata Eko Prabowo.

Sosialisasi itu akan dilakukan melalui media sosial, cetak, elektronik, dan FGD bersama mahasiswa, pelajar dan sebagainya. ”Running satu minggu itu, sumbernya dari BPTJ,” tambah dia.

Setelah tahap sosialisasi selesai dilaksanakan, Dishub Kota Bogor akan melakukan rapat dengan berbagai pihak untuk menetapkan tanggal penerapan tarif BisKita.

“Kemungkinan Senin ya. Terus berproses, sosialisasi sambil proses penentuan tanggalnya. Selama sosialisasi (tarif) masih gratis,” kata dia. (and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *