by

Sidang Isbat Penetapan Lebaran 2019 Digelar Sore Ini

Menteri Agama Lukman Hakum akan memimpin Sidang Isbat sore ini.

DepokRayanews.com- Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Syawal 1440 H atau Hari Raya Idulfitri, Senin (3/6/2019) sore mulai pukul 17.00 WIB, di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

”Sidang akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin,” kata Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Muhammadiyah Amin, saat dikonfirmasi, Senin (3/6/2019).

Selain Menag Lukman, sidang Isbat juga akan dihadiri para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Melalui mekanisme sidang isbat, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan berhari raya Idulfitri, 1 Syawal 1440 H. “Sidang Isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah,” kata dia.

Sementara itu, Muhammadiyah sudah memastikan Lebaran jatuh pada Rabu (5/6/2019). Penetapan 1 syawal 1440 H tersebut berdasarkan hasil hisab haqiqi dari majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.

Sedangkan jemaah Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Sumatera Barat, sudah menggelar takbiran menyambut Idulfitri 1440 H pada Minggu (2/6/2019) malam dan merayakan Lebaran hari ini. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *