by

Singapura Tarik Produk Telur Cokelat Kinder karena Mengandung Salmonella Berbahaya

DEPOKRAYANEWS.COM- Produk cokelat Kinder kembali ditarik karena kemungkinan adanya bakteri salmonella.

Penarikan ini semakin meluas, dan kini Singapura ikut menarik produk cokelat Kinder yang dijajakan di pasaran.

Seperti dilansir Channel News Asia, ada tiga produk tambahan yang ditarik karena kemungkinan adanya salmonella, ujar Badan Makanan Singapura (SFA) Jumat 8 April 2022.

Produk-produk tersebut adalah Kinder Mini Eggs, Kinder Egg Hunt Kit dan Kinder Surprise Maxi dari Belgia.

SFA mengatakan penarikan terbaru mengikuti peringatan penarikan yang dikeluarkan oleh Otoritas Keamanan Pangan Irlandia untuk produk cokelat Kinder karena kemungkinan adanya salmonella.

Salmonella adalah bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan seperti demam, kram perut dan diare.

SFA telah meminta importir Redmart dan Le Petit Depot untuk menarik kembali produk tersebut dan penarikan tersebut sedang berlangsung.

“Konsumen yang telah mengonsumsi produk yang terlibat dan memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mereka harus mencari nasihat medis. Konsumen dapat menghubungi importir untuk pertanyaan,” katanya.

SFA sebelumnya mengumumkan penarikan cokelat Kinder Surprise pada Rabu lalu.

Sementara, otoritas kesehatan Belgia memerintahkan prodsuen gula-gula Italia Ferrero – yang memproduksi cokelat Kinder – untuk menangguhkan produksi di pabriknya di Arlon, Belgia, setelah badan kesehatan Eropa meluncurkan penyelidikan terhadap kasus salmonella yang berpotensi terkait dengan cokelat Kinder.

Di Amerika Serikat (AS), seperti dikutip Reuters, Ferrero secara sukarela menarik kembali beberapa produk cokelat Kinder dari rak-rak tokok di Amerika karena kemungkinan adanya hubungan dengan kontaminasi salmonella.

“Produk Kinder Happy Moments Chocolate Assortment dan Kinder Mix Chocolate Treats ditarik kembali karena diproduksi di fasilitas di mana salmonella terdeteksi,” sebut Ferrero North America, Kamis.

Penarikan secara sukarela dilakukan setelah Ferrero juga menarik kembali telur cokelat Kinder Surprise dari toko-toko di Inggris awal pekan ini.

“Meskipun tidak ada laporan penyakit di Amerika Serikat hingga saat ini, Ferrero secara sukarela menarik kembali produk tersebut karena sangat berhati-hati karena laporan kasus salmonella pada konsumen yang mengonsumsi produk di Eropa yang diproduksi di fasilitas yang sama,” demikian pernyataan Ferrero.

Badan kesehatan Eropa Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa telah mulai menyelidiki lusinan kasus salmonella yang dilaporkan dan diduga terkait dengan makan cokelat di setidaknya sembilan negara.

Bakteri salmonella dapat menyebabkan infeksi serius dan parah, terutama pada anak-anak atau orang tua dan orang lain dengan sistem kekebalan yang lemah.

Kasus yang mungkin atau dikonfirmasi pada Salmonella yang terkait dengan makan cokelat telah ditemukan di Inggris, Prancis, Irlandia, Belgia, Jerman, Luksemburg, Belanda, Swedia, dan Norwegia.(intisari)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *