by

Siti: Iuran Terjangkau, Manfaatnya Sangat Luar Biasa

Siti Suwarti, peserta BPJS Kesehatan.

Depokrayanews.com- Sebagai program yang memberikan jaminan sosial kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, Program JKN-KIS terbukti sangat terjangkau dan memiliki manfaat yang sangat besar dan dirasakan oleh masyarakat. Seperti yang dialami oleh keluarga Siti Suwarti, seorang warga Kota Depok yang kerap berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS.

Menurut Siti, ia dan keluarganya baru terdaftar menjadi peserta JKN-KIS pada tahun 2016 lalu. Meski demikian, mereka telah sering berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Bahkan suaminya rutin setiap bulan berobat ke klinik karena menderita diabetes.

“Kami baru 4 tahun terdaftar, tapi sudah sering terbantu ketika kami berobat. Bahkan kalau dihitung, iuran yang kami bayarkan jauh tidak sebanding dengan manfaat yang kami terima. Apalagi suami saya rutin kontrol tiap bulan di klinik. Tentu biayanya sangat mahal, tapi karena kami selalu pakai kartu JKN-KIS untuk berobat jadi kami tidak perlu mengeluarkan biaya pengobatan lagi. Semua sudah dijamin dalam Program JKN-KIS,” kata Siti.

Meskipun tidak mengeluarkan biaya selama pengobatan, Siti mengaku bahwa ia dan keluarganya selalu dilayani dengan baik. Menurutnya, ia tidak menemui kendala selama berobat. Mulai dari petugas di klinik dan rumah sakit yang begitu ramah dan sigap membantu pasien, sampai obat-obatan yang cocok dengan mereka sehingga cepat sembuh.

“Saya selalu merasa nyaman berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Jadi saya lebih percaya untuk menggunakan kartu JKN-KIS daripada menggunakan yang lain. Apalagi dari segi biaya juga jauh lebih terjangkau. Serta dari segi manfaat jauh lebih besar karena semua dijamin, apapun penyakitnya,” kata dia.

Siti mengungkapkan bahwa Program JKN-KIS merupakan program yang sangat bagus dan membantu masyarakat, seperti yang telah ia rasakan sendiri. Untuk itu, ia berharap agar program yang digalakkan oleh BPJS Kesehatan tersebut terus ditingkatkan, termasuk pelayanan di fasilitas kesehatan seperti klinik atau rumah sakit, karena menurutnya manfaat Program JKN-KIS sangat nyata terasa saat berobat.

“Pelayanannya sudah bagus, tapi saya ingin agar terus ditingkatkan. Saya juga ingin mengajak kepada peserta JKN-KIS lainnya untuk bersama-sama mendukung Program JKN-KIS dengan cara rutin dan tepat waktu membayar iuran. Agar program tersebut bisa terus berjalan dan dapat membantu masyarakat,” kata Siti. (DT/mr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed