by

Situ Rawa Kalong, Dulu Tempat Mancing Kini Jadi Ruang Publik yang Cantik

“Banyak dari kami, buat warga Depok tercinta, seperti underpass Dewi Sartika, masjid di Margonda, hingga Situ Tujuh Muara sedang kita desain,” kata Ridwan Kamil.

DEPOKRAYANEWS.COM- Depok menyambut wajah baru Situ Rawa Kalong. Situ ini dulunya tempat mancing, kini jadi ruang publik dengan fasilitas lebih lengkap.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, pada Jumat 5 Agustus 2022. Anggaran Rp 20 miliar digelontorkan untuk revitalisasi situ atau danau tersebut.

Situ seluas 8,25 hektare itu kini memiliki sarana publik. Namun, tetap tak mengubah fungsi lingkungan. Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan komitmen Pemprov Jabar menghadirkan ruang publik berkualitas bagi warga.

“Kita berupaya memberikan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok, salah satunya yang kita hadirkan hari ini,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan Situ Rawa Kalong awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi sawah dan tempat memancing warga. Perubahan fungsi di sekitar kawasan juga menyebabkan situ ini sempat kehilangan daya tariknya.

Kini, situ tersebut memiliki gedung aula, floating deck, vertical garden atau taman dinding, taman lansia, pedestrian, area UMKM dan lainnya.

“Dulu susah diakses sekarang mudah. Ada Alun-alun kecil yang mengapung di atas air sangat Instagramable dan bikin bahagia warga Depok,” jelasnya.

Kang Emil mengungkapkan pihaknya menyediakan catwalk terapung. Hal ini sebagai upaya memberi ruang ekspresi di ruang publik. Warga bisa memanfaatkan inovasi yang belum banyak di Indonesia tersebut untuk melakukan ekspresi busana atau fashion show.

“Inovasi yang utamanya ada panggung yang mengapung di air, itu belum banyak di Indonesia,” paparnya.

Syaratnya, warga tetap menjaga ketertiban dan kebersihan, serta mengikuti aturan dari Pemerintah Kota Depok.

“Warga dipersilakan melakukan ekspresi apapun, yang penting jaga ketertiban dan kebersihan. Mau ada lomba lukis, pameran rajut, ekspresi busana atau apapun silakan selama baik dan sesuai aturan di Kota Depok,” kata Kang Emil.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil bersama Wali Kota Depok Mohammad Idris menjajal fasilitas floating deck ditemani pesohor Bonge cs. Kang Emil memastikan, fasilitas Situ Rawa Kalong akan terus dilengkapi seperti penambahan bangku dan kamera pengawas di sejumlah titik.

“Anggaran kan kena COVID-19, jadi nanti yang kurang-kurang seperti bangku, CCTV akan ditambah sampai akhirnya lengkap,” ujarnya.

Situ Rawa Kalong direvitalisasi sejak tahun 2020 dengan anggaran Rp 20 miliar selama tiga tahun, Pemprov Jabar merancang Situ Rawa Kalong tak hanya sebagai ruang publik, tapi juga untuk destinasi wisata, sehingga meningkatkan perekonomian warga Depok.

“Total anggarannya Rp 20 miliar, uang rakyat harus kembali ke rakyat,” sebut Kang Emil.

Keistimewaan Kota Depok sendiri dibanding kota lainnya, yakni banyaknya situ atau danau. Situ-situ lainnya di Kota Depok akan direvitalisasi secara bertahap. “Kekayaan Depok itu banyak situ atau danau, ini bukan yang pertama, situ yang lain secara bertahap kita perbaiki,” ucapnya.

“Banyak dari kami buat warga Depok tercinta, seperti underpass Dewi Sartika, masjid di Margonda, hingga tujuh muara sedang kita desain,” kata Kang Emil menambahkan.

SumberLdetiktravel

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *