Soal Moderasi Islam: Indonesia dan Arab Saudi Satu Pandangan

Sebarkan :

 
Menteri Agama Lukman Hakim.

Menteri Agama Lukman Hakim.

Depokrayanews.com- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Indonesia dan Arab Saudi memiliki kesamaan pandangan terkait moderasi Islam.

Kesamaan itu bahkan sudah ditandai dengan adanya kesepakatan oleh kedua negera untuk lebih mengedepankan Islam yang moderat.

Lukman mengungkapkan, moderasi Islam menjadi salah satu bidang yang ditandatangani dalam nota kesepahaman Indonesia dengan Arab Saudi.

Dalam nota kesepahaman tersebut terdapat kata-kata yang secara khusus menguraikan tentang bagaimana perbedaan dan keragaman itu sebenarnya dapat dijaga. Termasuk perbedaan dalam paham keagamaan.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut akan memiliki dampak positif bagi moderasi Islam. “Jadi ini sesuatu yang positif dalam upaya kita bersama mengedepankan moderasi Islam,” kata Lukman, seperti dilaporkan laman Kementerian Agama, Jumat (3/3/2017).

Menurut Lukman, moderasi Islam memang layak dan patut dikedepankan. “Moderasi Islam itu harus dikedepankan dalam ikut berkontribusi menjaga dan memelihara peradaban dunia,” kata dia.

Penandatangan nota kesepahaman terkait moderasi Islam dilakukan Menag dengan Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi Sheikh Saleh bin Abdulaziz Alash-Sheikh.

Sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman itu, kedua  negara akan membentuk tim guna mendiskusikan hal-hal teknis berkaitan dengan nota kesepahaman tersebut. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemerintah dan DPR Sepakat Pilkada Serentak Tetap Digelar 9 Desember

Depokrayanews.com- Pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilihan umum sepakat Pilkada serentak 2020 tetap akan digelar pada ...