by

Sodiran Gratis Cuci Darah Pakai Kartu JKN-KIS

Sodiran ditemani istrinya ketika menjalani cuci darah. Tak sepersen pun dana dikeluarkan karena Sodiran punya kartu JKN-KIS.
Sodiran ditemani istrinya ketika menjalani cuci darah. Tak sepersen pun dana dikeluarkan karena Sodiran punya kartu JKN-KIS.

Depokrayanews.com- Namanya, Sodiran, usia 58 tahun, tinggal di Komplek Arco Blok B/35 Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Pria yang berprofesi sebagai pensiunan swasta ini merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah terdaftar sejak tahun 2015.

Ketika melakukan pendaftaran untuk menjadi peserta JKN-KIS, tidak ada kesulitan yang dialami oleh Sodiran.

Saat ini Sodiran dan anggota keluarganya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama di Klinik Pratama Rawat Jalan Tugu Sawangan Baru.

Sejak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, Sodiran telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KISnya.

Ia menggunakan kartu JKN-KISnya tersebut untuk melakukan hemodialisa atau cuci darah sejak bulan April tahun 2016 di Klinik El Medikasih Depok dengan frekuensi sebanyak 2 (dua) kali seminggu.

Selama menjalani rangkaian pelayanan kesehatan khususnya cuci darah sejak bulan April sampai sekarang di Klinik El Medikasih, tidak ada iur biaya yang dikenakan kepada Sodiran.

Ia sangat senang dengan kondisi tersebut mengingat pelayanan yang diperolehnya sangat memuaskan. Terlebih bahwa butuh biaya yang besar untuk melakukan cuci darah, apalagi dengan frekuensi 2 (dua) kali seminggu selama hampir setahun.

Sodiran mengatakan bahwa program JKN-KIS sangat bermanfaat dan banyak membantu masyarakat terutama yang terkendala masalah biaya untuk mengakses fasilitas kesehatan yang memadai.

Oleh karena itu, ia berharap agar program ini terus dilanjutkan. Sodiran berharap program JKN-KIS ini lebih disosialisasikan lagi agar masyarakat lebih mengenal program ini dan mengetahui manfaatnya. (ad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *