by

Sosok Brigadir Ricky, Anggota Squad Irjen Ferdy Sambo yang Ditahan Bareskrim Polri

DEPOKRAYANEWS.COM- Nama Bripka Ricky akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dan kini ditahan di Rutan Bareskrim Mabes Polri. Dia selama ini paling ramai dicari setelah disebut sembunyi dibalik kulkas saat insiden adu tembak antara Bharada E dan Brigadir J.

Selain Bripka Ricky, ada juga Brigadir D yang disebut skuad lama, Brigadir D sendiri adalah Deden. Dua nama diatas menjadi viral seperti Bripka Matius karena memiliki tato singa di tangannya.

Bharada E telah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara Irjen Pol Ferdy Sambo kini ditahan di tempat khusus di Mako Brimob Kelapa Dua Depok oleh tim Inspektorat Khusus (Irsus) Mabes Polri.

Brigadir J tewas di rumah dinas Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo pada pada Jumat 8 Juli 2022 lalu, atau persis satu bulan yang lalu.

Brigadir J merupakan ajudan, pengawal, dan sekaligus sopir Istri Irjen Ferdy Sambo. Sementara Bharada E belakangan baru diketahui kalau dia merupakan salah satu sopir Irjen Ferdy Sambo.

Pihak keluarga Brigadir J, melalui kuasa hukum yakni Kamaruddin Simanjuntak meminta pihak kepolisian untuk mencekal 7 orang squad atau ajudan Irjen Ferdy Sambo.

Para squad Irjen Ferdy Sambo ini sudah sempat diperiksa oleh Komnas HAM terkait kasus tewasnya Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Beberapa dari 7 orang squad atau Aide de Camp (ADC) alias ajudan dari Irjen Ferdy Sambo ini diduga ikut terlibat dalam kasus tewasnya Brigadir J selain dari Bharada E. Hingga kini belum ada informasi apakah 7 orang squad Ferdy Sambo ini sudah dicekal atau belum.

Dilansir Antara beberapa hari lalu Komnas HAM telah memeriksa 6 dari 7 anggota squad Ferdy Sambo tersebut pada Selasa 26 Juli 2022 lalu.

Dari 7 orang squad Ferdy Sambo itu, ada 1 orang ajudan yang belum diperiksa. Tak hanya itu, terkait kasus tewasnya Brigadir J, keberadaan 7 orang squad Ferdy Sambo ini tidak jelas sehingga memunculkan berbagai spekulasi liar di masyarakat

Selama ini Irjen Ferdy Sambo dan keluarga dikelilingi 8 orang elite guard. Siapa saja mereka ? Apakah mereka terlibat dalam kasus tewasnya Brigadir J ?

1. Almarhum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J)

2. Bripka Lukas Ricky (saksi mata yang bersembunyi di balik kulkas)

3. Brigadir Romer

4. Bharada Sadam

5. Brigadir Matius Marey (berjenggot tebal)

6. Briptu Deden

7. Bharatu Prayogi

8. Bharada Richard Eliezer (Bharada E).

Ricky disebut sebagai saksi kunci dan saksi mata atas meninggalnya Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo. Pasalnya sosok Bripka Ricky berada di TKP saat peristiwa baku tembak Bharada E dan Brigadir J terjadi.

Saat kejadian, Bripka Ricky juga berada di rumah dinas Ferdy Sambo, yang berada di Komplek Polri, Duren Tiga Utara 1, Nomor 46, Jakarta Selatan itu.

Kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Bripka Ricky mengaku melihat baku tembak antara Brigadir J alias Brigadir Yosua dengan Bharada E alias Bharada Richard Eliezer dari balik kulkas.

Meski demikian, Bripka Ricky mengatakan pada awalnya ia tidak mengetahui persis lawan Brigadir J dalam peristiwa tersebut. Belakangan, Bripka Ricky baru tahu bahwa orang itu adalah Bharada E.

Kemunculan Bripka Ricky pun mengejutkan publik dengan pengakuannya yang melihat adu tembak Brigadir J dan Bharada E. Alasannya, keberadaan Bripka Ricky di lantai dasar rumah Irjen Ferdy Sambo pada saat kejadian.

Alih-alih didengar oleh Bharada E (di lantai atas), seharusnya suara teriakan istri Ferdy Sambo lebih dahulu didengar oleh Bripka Ricky. “Mestinya yang lebih mendengar itu Bripka Ricky karena di lantai dasar, sama dengan istri Ferdy Sambo,” kata pakar hukum Refly Harun dikutip dari kanal YouTube Refly Harun.

“Kita masih terasa ada kejanggalan sedikit, banyaklah ya. Karena kita tidak tahu bagaimana reaksi Bripka Ricky terhadap teriakan istri Ferdy Sambo,” ujarnya.

“Karena dia yang berada di lantai dasar yang harusnya tidak jauh dari sumber suara. Kenapa dia kemudian tidak bereaksi misalnya, tidak ada cerita mengenai Bripka Ricky yang juga barangkali menarik pistol, memperingatkan, dan lain sebagainya,” tambah Refly Harun di kanal YouTubenya.

Dia mengatakan beberapa kemungkinan Bripka Ricky tertidur saat kejadian, tetapi menurutnya suara tembakan seharusnya bisa membuatnya terjaga. (ris/tribun)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed