by

Sosok Erika Retnowati, Perempuan Pertama Jadi Kepala BPH Migas

Depokrayanews.com- DPR menyetujui Erika Retnowati sebagai Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) periode 2021-2025, menggantikan M Fanshurullah Asa yang memasuki masa pensiun.

Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto mengatakan Erika terpilih berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat setelah uji kelayakan dan kepatutan.

Terpilihnya Erika menjadi Kepala BPH Migas merupakan sejarah baru bagi lembaga itu, karena Erika merupakan perempuan pertama yang menduduki jabatan strategis itu

Lalu seperti apa sosok Erika Retnowati?

Ternyata Erika bukan orang sembarangan yang ujuk-ujuk terpilih karena mendapat sokongan dari kelompok tertentu, atau ada kepentingan politik.

Sebelum mengikuti uji kelayakan dan ketututan, Erika masih memegang jabatan sebagai Kepala Biro Keuangan di Kementerian ESDM. Jabatan itu dipegangnya cukup lama, sejak 2015. Bila dilihat dari struktur kepangkatan, Erika mememang mengalami lompatan luar biasa.

Perempuan kelahiran Mataran, 20 Juli 1963 itu meniti karir di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Tercatat, beberapa jabatan pernah diembannya. Mulai dari deputi pengawasan pada 1985-1988, lalu deputi pengawasan BUMN dan BUMD pada 1992-2001, hingga deputi pengawasan instansi pemerintah bidang perekonomian pada 2000-2015.

Sementara dari sisi pendidikan, ia memiliki gelar Diploma IV dari PKN STAN. Kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia (UI) melalui jurusan kekhususan Administrasi dan Kebijakan Perpajakan. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed