by

Sosok Suswono di Pilkada Jakarta Seperti Ma’ruf Amin di Pilpres 2019

DEPOKRAYANEWS.COMSosok Suswono yang ditunjuk sebagai calon wakil gubernur (cawagub) pendamping Ridwan Kamil untuk maju di pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, dinilai sama seperti Ma’ruf Amin yang mendampingi Joko Widodo (Jokowi) saat maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Setidaknya penilaian seperti itu disampaikan Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos. Dia menilai, kebuntuan koalisi partai politik (parpol) di Pilgub Jakarta juga dialami parpol-parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM), karena masih mengkhawatirkan ceruk pemilih tidak dapat menyokong.

Salah satu strategi yang harus ditempuh, menurut Subiran adalah menggandeng Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai pemenang pemilihan legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta.

“Soal elektabilitas Suswono, pasti tidak jauh dari elektabilitas PKS di Pileg Jakarta sebagai pemenang Pileg, sehingga diputuskan mendampingi Ridwan Kamil,” kara Biran seperti dikutip dari kepada RMOL, Senin 19 Agustus 2024.

Biran meyakini sosok Suswono punya kemiripan dengan Ma’ruf Amin, khususnya dalam hal ketokohan yang punya basis pemilih militan seperti warga Nahdliyin atau Nahdlatul Ulama (NU).

Oleh karena itu, lulusan S2 komunikasi politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) itu memperkirakan, strategi KIM untuk memenangkan Pilgub DKI Jakarta adalah dengan menggaet tokoh yang punya basis pemilih militan dan mayoritas di suatu daerah.

“Suswono dipasangkan Ridwan Kamil hanya untuk mengunci elite dan konstituen PKS agar solid di KIM Plus,” kata Biran. (mad/RMOL)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *