by

Sosok Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono

Depokrayanews.com- Setelah dilantik sebagai Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) mendampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin pada 23 Desember 2020 lalu, nama Dante Saksono Harbuwono jarang terekspos di media massa maupun di media sosial.

Tiba-tiba, Dante Saksono Harbuwono mengumumkan adanya penemuan dua kasus mutasi virus SARS-CoV-2 B117 di Indonesia. Mutasi virus itu diketahui pertama kali ditemukan di Inggris dan kini telah menyebar di lebih dari 33 negara.

“Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante Saksono Harbuwono dalam acara yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa 2 Maret 2021.

Terang saja, informasi ini bikin kaget banyak orang. Apalagi Covid-19 saja masih belum tuntas, bahkan masih ada kecenderungan peningkatan, tiba-tiba muncul lagi virus SARS-CoV-2 B117. Temuan itu menjadi catatan baru di tengah momen genap setahun pandemi virus corona menjangkit Indonesia

Karena jarang muncul, banyak yang belum terlalu mengenal sosok Dante Saksono Harbuwono, dokter muda pendamping Budi Gunadi Sadikin.

Dante merupakan salah satu pesohor bidang kesehatan yang terkenal sebagai ahli molekuler diabetes. Karirnya cukup moncer, sehingga ia pernah didapuk menjadi salah satu tim dokter Kepresidenan Indonesia. Dante tercatat pernah dipercaya merawat Eks Wakil Presiden Jusuf Kalla jelang debat pemilihan presiden pada Juni 2014 silam.

Dante memulai karirnya di bidang kesehatan dengan mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), ia pun kelar menyelesaikan studinya pada tahun 1997 silam.

Setelah itu, Dante langsung melanjutkan pendidikan spesialis penyakit dalam di Universitas Indonesia dan lulus di tahun 2004. Adapun selanjutnya Dante juga mengambil Molecular Diabetes di University of Yamanashi, Jepang dan mendapat gelar PhD.

Dante kemudian mulai aktif dengan bergabung bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di Divisi Metabolik Endokrin yang menangani masalah seperti diabetes dan tiroid.

Pria kelahiran 1973 ini juga tercatat pernah bertugas sebagai dokter spesialis di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading dan RS Metropolitan Medical Center.

Dante tercatat masih aktif bekerja di Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI atau RSCM, menjadi staf pengajar mahasiswa S1 dan S2 FKUI untuk spesialis penyakit dalam dan sub spesialis endokrin. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed