by

Sri Nuryati Mengaku Sangat Terbantu dengan Hadirnya Program JKN

DEPOKRAYANEWS.COM- Sri Nuryati (56) merupakan salah satu peserta JKN yang terdaftar pada segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU) sebagai tanggungan dari suaminya yang bekerja.

Sri juga merupakan salah satu peserta JKN yang merasakan manfaat dari adanya Program JKN. Berawal dari hasil diagnosa yang ia terima di tahun 2013, tidak pernah terbayang sebelumnya bahwa ia menderita penyakit kelenjar tiroid. Bahkan Sri saat itu tidak tahu persis apa jenis penyakit yang dialaminya.

Namun kesadaran Sri dan keluarga akan pentingnya terdaftar di Program JKN patut diacungi jempol. Sri mengaku dirinya dan keluarga sudah terdaftar di Program JKN sejak 2014.

“Saya dan keluarga sudah terdaftar sejak peralihan di tahun 2014 lalu dan saya menggunakan BPJS Kesehatan dari tahun tersebut untuk kebutuhan kontrol yang menurut dokter kontrol ini sifatnya wajib,” kata Sri.

Dalam satu tahun Sri melakukan kontrol terhadap penyakit yang dideritanya. ”Dan setiap kali berobat saya selalu menggunakan Kartu JKN. Bahkan di tahun 2021 lalu saya wajib melakukan kontrol setiap satu bulan sekali. Dukungan dari keluarga juga membuat saya bersemangat melakukan segala bentuk kontrol demi kesehatan,” kata Sri.

Walau ia harus melakukan rujukan berjenjang, tidak masalah bagi Sri. Saat ini ia terdaftar di Klinik Waspada, Kabupaten Bogor dan biasanya akan mendapat rujukan berjenjang, termasuk ketika berobat rutin ke RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Tidak ada kendala berarti selama berobat menggunakan Kartu JKN.

Sri pun sadar betul pentingnya rujukan berjenjang, karena menurutnya jika tidak ada sistem berjenjang maka fasilitas kesehatan khususnya di Rumah Sakit Tipe A akan mengalami penumpukkan peserta yang sulit terurai.

“Saat ini saya juga masih terus merasakan manfaat dari adanya Program JKN. Tahun 2022 ini saya masih melakukan kontrol namun intensitasnya sudah lebih jarang dibanding tahun lalu. Saat ini saya kontrol dua atau tiga bulan sekali sesuai dengan arahan dokter. Mudah-mudahan perlahan saya bisa bebas dari kontrol ini dan bisa segera pulih lagi. Saya berharap seluruh masyarakat bisa sama-sama sadar akan pentingnya Program JKN. Program ini hadir dengan mulia dan banyak manfaat,” kata Sri. (HT/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed