by

Sri Sultan Hamengku Buwono X Satu-satunya Kepala Daerah yang Dilantik Tahun Ini

DEPOKRAYANEWS.COM- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi satu-satunya kepala daerah yang dilantik pada tahun ini. Raja Keraton Yogyakarta itu kembali melanjutkan jabatannya hingga 2027 mendatang.

Sekretaris DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pelantikan Sultan HB X sebagai gubernur pada tahun ini karena jabatannya dan wakil gubernur DIY merujuk pada Undang-undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan.

“DIY ini nanti berbeda dengan provinsi lain, karena kita (DIY) satu-satunya yang akan ada gubernur baru di tahun 2022,” kata Aji dikutip dari laman resmi Pemda DIY, Kamis 19 Mei 2022.

“Provinsi lain, gubernur di tahun 2022-2025 itu Pj. (penjabat) semua, sementara di DIY selalu tepat waktu,” ujarnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Umum, Biro Tata Pemerintahan Setda DIY Agustina Pangestujati menjelaskan Sultan HB X menjabat sebagai gubernur DIY sejak 3 Oktober 1998.

Sultan HB X menggantikan Sri KGPAA Paku Alam VIII yang wafat pada 11 September 1998.

“Masa jabatan Sultan (setelah 2008) diperpanjang tiga tahun sampai 2011. Kemudian diperpanjang satu tahun lagi,” ujar Agustina.

Sesuai UU Keistimewaan yang terbit pada 2012, jabatan gubernur DIY diisi pemilik takhta Sultan Hamengku Buwono, sementara posisi wakil gubernur DIY dipegang oleh Adipati Paku Alam.

“Tahun 2012 dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan tahun 2017 dilantik Presiden Jokowi (Joko Widodo),” ujarnya. (and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *