by

Stadion Indoor Multifunction GBK Bisa Dipakai Basket Hingga Festival Budaya

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemerintah kini tengah membangun stadion Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat 13 Januari 2023 telah melakukan penutupan atap (topping off) stadion Indoor itu didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

Dalam laporannya kepada Presiden Jokowi, Erick Thohir menyampaikan, stadion indoor multifungsi di GBK itu adalah stadion tertutup terbesar di Indonesia yang dapat menampung 16.250 penonton.

“Tidak hanya untuk olahraga, stadion ini nantinya dapat berfungsi untuk festival budaya dan musik,” kata Erick dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Sabtu 14 Januari 2023.

Dibangun oleh Kementerian PUPR mulai April 2021, stadion itu akan selesai pada Juni 2023. Stadion indoor ini dibangun dengan sistem green building atau teknologi hijau yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

“Ini akan dipergunakan oleh Menpora pada bulan Juni 2023 untuk kejuaraan bola basket dunia,” kata Erick.

Stadion tertutup multifungsi itu dibangun setelah Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah kejuaraan basket dunia (FIBA) bersama Jepang dan Filipina. Piala Dunia basket itu akan dihelat pada 25 Agustus – 10 September 2023.

FIBA mensyaratkan negara yang terpilih sebagai tuan rumah harus memiliki venue berkapasitas minimal 8.000 orang. Sementara Indonesia sebelumnya hanya punya Istora Gelora Bung Karno berkapasitas 7.500 orang.

Pada 19 Februari 2020, dalam rapat kabinet terbatas, Jokowi menugaskan sejumlah menterinya membangun venue baru. Mereka yang mendapat tugas itu adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sempat dinamakan Indonesia Arena, stadion tertutup lima lantai itu dibangun di bekas landasan helikopter di kawasan Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. Arealnya seluas 31.826 meter persegi dan tapak bangunan 21.304 m2. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *