by

Suara Dentuman Misterius Bukan dari Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau

Depokrayanews.com- Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyebut suara dentuman yang ramai dibahas di media sosial bukan berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

“Saya sudah konfirmasi petugas pos pengamatan, mereka tidak mendengar karena letusannya juga kecil,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Hendra Gunawan dihubungi di Jakarta, Sabtu 11 April 2020.

Menurut dia, erupsi gunung yang terletak di Selat Sunda dalam wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung itu hanya mengeluarkan semburan ketinggian berkisar 500 meter.

Ia menyebut letusan yang terjadi pada Jumat 10 April 2020 malam juga bukan merupakan letusan eksplosif dan hanya semburan.

“Biasanya dalam jarak dua kilometer, kedengaran hanya suara desis saja,” ujarnya pula.

Seperti diketahui, suara dentuman misterius mengegerkan sejumlah warga di wilayah Jabodetabek pada Sabtu 11 April 2020 dini hari WIB. Banyak warga menduga itu berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Warga ramai membicarakan soal dentuman ini di linimasa jejaring sosial Twitter. Hingga berita ini disusun, suara dentuman tersebut menjadi salah satu trending topic di Twitter.

Salah satunya presenter sekaligus penyiar Desta. Melalui akun Twitter miliknya @desta80s, dia mempertanyakan suara dentuman yang terdengar kepada warganet.

“Suara apa itu tadi? Sekarang perlahan mulai hilang,” ujar Desta seperti dikutip Suara.com, Sabtu (11/4/2020).

Pun salah satu yang menduga bahwa suara itu berasal dari erupsi Anak Krakatau adalah sutradara terkenal Joko Anwar. Dia mengibaratkan dentuman itu seperti suara tabuhan drum.

“Suara erupsi Anak Krakatau kedengeran sampai Tanah Kusir 🙁 Gue kira ada yang main drum malam-malam dari jauh. :(,” cuit Joko Anwar lewat akun Twitter, @jokoanwar. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *