by

Subsidi BBM Capai Rp 502 Triliun, Presiden Jokowi: Negara Mana pun Tak akan Kuat

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo mengatakan subsidi terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah terlalu besar dari Rp 170 triliun, kini sudah mencapai Rp 502 triliun.

“Perlu kita ingat subsidi terhadap BBM sudah terlalu besar dari Rp170 triliun sekarang sudah Rp502 triliun. Negara mana pun tidak akan kuat menyangga subsidi sebesar itu,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 1 Agustus 2022.

Menurut Jokowi, masyarakat patut bersyukur dengan keadaan Indonesia saat ini. Dia menyebut hal itu terjadi karena pemerintah masih memberlakukan subsidi untuk BBM.

Harga BBM di negara lain, kata Jokowi, mencapai Rp 32 ribu per liter. Indonesia masih menjual BBM jenis Pertalite degan harga Rp 7.500.

Pada bagian lain Jokowi berbicara soal krisis pangan yang sedang dihadapi dunia. Dia berkata harga dan stok pangan Indonesia masih aman meskipun sejumlah negara mengalami krisis.

Jokowi menyebut ada 330 juta orang di dunia kelaparan akibat krisis pangan tahun ini. Jumlah itu, diperkirakan akan melonjak hampir tiga kali lipat awal tahun depan.

“Mungkin enam bulan lagi 800 juta orang akan kelaparan akut karena tidak ada yang dimakan sekali lagi,” ujarnya.

Dia berdoa agar Indonesia selalu dihindarkan dari krisis ekonomi, pangan, dan energi. Jokowi mengajak masyarakat untuk mendoakan bangsa Indonesia. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *